KPU Siapkan Juga 3 Kategori Pemilih Pindahan

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

KPU Siapkan Juga 3 Kategori Pemilih Pindahan

BERI PENJELASAN: Komisioner KPU Divisi Program dan Data Rahmat Suanda Pradja saat ditemui. (ASEP NURDIN/SUMEKS)

KOTA – Komisioner KPU Divisi Program dan Data Rahmat Suanda Pradja mengatakan, masyarakat yang notabenenya sebagai pemilih yang berpindah TPS jelang tanggal 27 Juni nanti, akan mendapatkan perlakuan khusus.

Sebab, pemilih pindahan merupakan kelompok masyarakat yang sebenarnya sudah mempunyai hak pilih. Namun karena alasan tertentu, mereka harus berada di wilayah kabupaten lain.

“Mereka akan masuk ke dalam kategori Daftar Pemilih Pindah Hunian (DPPH),” katanya kepada Sumeks di Kantor KPU Sumedang, kemarin (22/5).

Kata Rahmat, daerah yang berpotensi seperti itu berada di kawasan Jatinangor. Kecamatan di Barat Sumedang itu, merupakan kawasan padat penduduk.

“Didominasi para pendatang dari luar Sumedang, seperti para mahasiswa,” ucapnya.

“Mahasiswa memang diliburkan, namun untuk pulang lagi ke daerahnya masing-masing, perlu cost dan lain sebagainya terutama untuk lokal Jabar. Berbeda kalau untuk pilpres, mereka bisa memilih langsung di TPS terdekat,” tuturnya.

Selain mahasiswa, kategori kelompok tersebut dapat terjadi akibat berobat, karena tugas atau pindah belajar. “Bagi kelompok ini, harus melakukan permohonan pengajuan melalui PPS atau ke KPU langsung. Setelah diajukan ke PPS, akan mendapatkan formulir model A5 untuk diisi kemudian diberikan kepada TPS yang dituju,” sebutnya.

Bahkan, kata dia, tiga hari sebelum hari H pencoblosan, semua persyaratan sudah harus sudah selesai. “Jadi ada tiga kategori pemilih. Ada DPT DPPH sama DPTB atau daftar pemilih tambahan. Namun untuk DPT sama DPPH waktu pencoblosan terhitung dari jam 07.00-13.00. Sedangkan untuk DPTB jam 12.00-13.00, dengan catatan sebelum pukul 12 harus daftar terlebih dahulu di TPS terdekat,” terangnya. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.