KPU: Tercatat Sebanyak 834.276 Pemilih

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

KPU: Tercatat Sebanyak 834.276 Pemilih

RAPAT PLENO: Sejumlah peserta mengikuti rapat pleno terbuka penetapan DPT di Kantor KPU Sumedang, kemarin (19/4).(ASEP NURDIN/SUMEKS)

PENETAPAN DPT

KOTA – KPU Kabupaten Sumedang, telah menerima laporan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang disampaikan pada rapat pleno terbuka dan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), kemarin (19/4).

Rapat pleno, melibatkan komisioner KPU, Panwas, PPK dari semua kecamatan serta tim pemenangan pemilihan bupati maupun gubernur.
“Secara keseluruhan, tercatat sebanyak 834.276 pemilih tetap. Terdiri dari laki-laki sebanyak 415.751 dan perempuan sebanyak 418.525,” kata Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa usai rapat pleno.

Angka tersebut mengalami pengurangan dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang mencapai 836.829.

“Perubahan data diakibatkan adanya daftar pemilih ganda, yang belum terdata pada saat penetapan DPS atau mungkin meninggal dunia. Itu dapat kita ketahui setelah melakukan pendataan ulang,” terang Hersa.

Salah satunya, kata dia, ada empat nama dengan nomor NIK yang sama pula. Maka pihaknya menayangkan data tersebut di depan peserta rapat.

“Pencoretan pun kita lakukan di depan peserta rapat, sehingga tidak terjadi salah faham,” ujarnya.
Jumlah DPT itu, kata Hersa, akan menjadi acuan pencetakan surat suara. “Kita akan mencetak masing-masing sebanyak 834.276 lembar surat suara, baik untuk pilbup maupun pilgub, ditambah 2,5 persen untuk cadangan,” katanya.

Hersa menambahkan, bagi masyarakat yang belum memiliki KTP-el, untuk segera mengurusnya di dinas terkait. “Namun masih juga belum bisa terbit pada saat hari pencoblosan, langsung saja datang ke TPS dengan membawa suket,” ujarnya.

Dia pun menjamin, pemilik suket tidak akan kehilangan hak suaranya. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js