KTP OTD Ditarget Desember

Peliput/Editor: asep herdiana/handri s budiman

KTP OTD Ditarget Desember

MENUNGGU: Sejumlah warga OTD saat menunggu pembuatan e KTP di kantor Disdukcapil, belum lama ini. (ASEP HERDIANA/SUMEKS)

KOTA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, menargetkan proses penyelesaian identitas kependudukan untuk warga OTD Waduk Jatigede akan selesai akhir Desember 2015.

Kepastian terkait penyelesaian identitas penduduk ini disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Nana Sutisna, di kantornya, Jumat (16/10).
Menurut Nana, seiring dilakukannya relokasi penduduk dari daerah genangan ke lokasi yang baru, maka identitas warganya pun otomatis harus diperbaharui.

“Saat ini proses relokasi penduduk kan sudah berjalan. Seiring proses relokasi itu maka identitas penduduknya pun pasti harus dirubah,” katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mendata ulang identitas penduduk warga OTD sesuai arah minat kepindahannya.

“Kami sudah sosialisasikan ke desa-desa. Malah kami juga sudah menyarankan ke desa-desa yang daerahnya dijadikan tujuan oleh warga OTD supaya segera membuatkan peraturan desa untuk penentuan alamat RT/RW warga bersangkutan di tempat relokasi itu,” ujarnya.

Apabila, alamat barunya sudah ditentukan secara formal dalam bentuk peraturan desa (Perdes), maka pihaknya akan langsung melakukan pendataan serta memulai proses pembuatan identitas penduduknya, yakni membuatkan KK dan KTP.

Berdasarkan data yang dimiliki Disdukcapil, jumlah penduduk yang harus pindah dari lokasi genangan itu seluruhunya mencapai 55.000 jiwa atau 11.000 KK. Dari jumlah penduduk sebanyak itu, 24.000 jiwa diantaranya merupakan penduduk yang sudah wajib KTP.

Ditambahkan Nana, untuk formulir surat pindah penduduk yang akan dijadikan acuan pengajuan KTP dan KK-nya nanti, pihaknya akan melakukan secara jemput bola alias dikirim langsung ke desa-desa bersangkutan.

“Insya Alloh sudah tidak ada masalah. Sekarang kami hanya tinggal menunggu kepastian soal alamat barunya saja. Apabila alamat baru penduduknya sudah jelas, kami akan langsung mengirimkan formulir surat pindah ke desa bersangkutan. Malah untuk pembuatan KTP barunya, kemungkinan sudah bisa dimulai pada awal Desember, dengan harapan akhir Desember nanti semua identitas penduduk OTD itu sudah bisa selesai,” ujarnya (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.