oleh

Kurangi Pemanasan Global Dekat Waduk

DARMARAJA – Jajaran Polres Sumedang dan Polisi Air dan Udara (Polairud) kawasan Waduk Jatigede, mengajak warga untuk melestarikan alam. Untuk itu, digelar penanaman pohon yang bekerjasama dengan TNI, Pemerintah Kecamatan Darmaraja dan warga terdampak Waduk Jatigede yang tergabung dalam sebuah organisasi Aliansi Masyarakat Waduk Jatigede (AMWJ).

Kapolsek Darmaraja, Kompol Cecep Tatang menegaskan, kegiatan yang bertema “Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Besisir” itu, merupakan sebuah upaya untuk merangsang masyarakat agar ikut berpartisipasi melestarikan alam. “Kegiatan ini bertujuan untuk pelestarian alam dan penguatan ekonomi masyarakat besisir waduk,” katanya, kemarin (23/2).

Cecep menilai, pasca tergenangnya ribuan hektare lahan beserta tumbuhan lantaran Waduk Jatigede, secara otomatis jumlah pohon semakin berkurang. Dampaknya, bisa terjadi pemanasan global. “Kita tanami besisir waduk, tepatnya di areal pasir Nangkod yang ada di wilayah Kecamatan Darmaraja,” ujarnya.

Di tempat sama, Ketua AMWJ, Mahmudin menyebutkan, pihaknya sangat mendukung terhadap kegiatan yang berhubungan dengan pelestrian alam dan peningkatan ekonomi masyarakat korban Waduk Jatigede.

Dia menilai, dengan dilibatkannya masyarakat untuk penanaman pohon di besisir waduk tersebut, maka akan ada rasa memiliki dari masyarakat. Secara tidak langsung, hal itu bisa mendorong masyarakat untuk menjaga tanaman tersebut.

“Kegiatan ini cukup bagus, dan kami selaku organisasi yang ada di kawasan waduk akan selalu mendukung segala bentuk kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat,” tukasnya. (eri)

Baca Juga  Peminat jadi Perangkat Desa Tinggi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed