Kwaran Baru Dibentuk

CONGGEANG – Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Conggeang, masa bakti 2013-2016, telah berakhir. Para pengurus Kwaran Conggeang menggelar kegiatan terakhir sekaligus Musyawarah Ranting (Musran) pada Sabtu (19/11) hingga Minggu (20/11) kemarin.

Pada kesempatan itu, dibentuk juga pengurus baru gerakan Pramuka Kwaran Conggeang, masa bakti 2016-2021.

Penggantian pengurus Kwaran Conggeang, diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya, Pesta Siaga yang diikuti oleh seluruh Pramuka Siaga dari 21 SD/MI yang ada di Kecamatan Conggeang.

Kedua, Pelatihan Pimpinan Regu (Pinru) pada Pramuka tingkat Penggalang.

“Kegiatan pelatihan Pinru dilakukan selama dua hari. Kegiatan sendiri, diikuti para pimpinan regu dari berbagai pangkalan yang ada di Kecamatan Conggeang,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan, Eme, di sela-sela kegiatannya, kemarin.

Eme menambahkan, kegiatan pelatihan pimpinan regu diisi oleh berbagai materi. “Seperti tali temali, SKHU, Semapore, dan berbagai materi lainnya untuk pramuka tingkat penggalang,” tambahnya.

Disebutkan Eme, kegiatan lainnya yang dilakukan antara lain, laporan pertanggungjawaban pengurus Kwaran Conggeang masa bakti 2013-2016, pembuatan rencana kerja periode 2016-2021, pemilihan pengurus Kwaran Conggeang sekaligus dilakukan pelantikan pengurus kwaran yang baru masa bakti 2016-2021.

“Pelantikan pengurus Kwaran Conggeang yang baru akan dihadiri langsung oleh pengurus Kwarcab Sumedang. Apabila tidak hadir, kemungkinan kegiatan pelantikan akan diundur dan ditentukan sesuai waktu yang telah direncanakan nantinya,” jelasnya.

Eme mengharapkan, dari rangkaian kegiatan kepramukaan ini dapat menghasilkan anak didik yang berguna bagi keluarga, nusa bangsa, dan agama. Kegiatan itu juga, menuntut menanamkan kedisiplinan siswa/anak didik.

“Hal itu sesuai pengembangan karakter siswa ke arah yang positif. Terutama dalam dunia pendidikan ataupun kegiatan kepramukaan,” pungkasnya. (atp)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.