oleh

Kwarcab Seleksi Pramuka Garuda

CIMALAKA – Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumedang, melakukan seleksi calon anggota Pramuka Garuda tingkat penggalang dan penegak di Aula Kampus MAN 1 Sumedang, Rabu (7/8) lalu. Seleksi calon anggota Pramuka Garuda itu, diikuti 58 peserta.

Mereka terdiri dari anggota Pramuka MAN 1 Sumedang sebanyak 27 orang, MAN 2 Sumedang 6 orang, SMAN 1 Cimalaka 3 orang, SMK PPN Sumedang 2 orang, MA Muhammadiyah Cikaramas 5 orang, MTs Muhammadiyah Cikaramas 8 orang dan MTs Maarif Cibeureum sebanyak 7 orang.

Ketua Kwarran Cimalaka, Endang Effendi SPd dalam sambutannya mengatakan, gerakan Pramuka berpedoman pada UU Nomor 12 Tahun 2010 yang telah diketuk palu oleh DPR RI dan Perpres. Oleh karena itu, kata dia, Pramuka adalah wadah pembinaan mental dan karakter building yang tepat dalam melakukan sebuah pembinaan karakter pada generasi muda.

“Para anggota Pramuka harus bisa menjaga amanah. Sehingga, mampu menjadi pemimpin kedepannya. Dan, tetap bersemangat,” ujar Endang.

Dikatakan, dalam pelantikan Pramuka Garuda akan dilakukan oleh Ketua Kwarcab Sumedang H Erwan Setiawan. “Insya Alloh pelantikan Pramuka Garuda akan dilaksanakan oleh Ketua Kwarcab Sumedang kak H Erwan Setiawan,” tandasnya.

Tidak lupa, Endang mengucapkan terima kasih kepada Mabigus MAN 1 Sumedang yang telah menjadi tuan rumah. “Kami sangat berterima kasih MAN 1 Sumedang telah menyediakan tempat seleksi Pramuka Garuda Kwarcab Sumedang,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Sumedang, Dedi Haris mengatakan, menjadi seorang seorang Pramuka Garuda bukan masalah lulus atau tidak dalam tahapan seleksi. Seorang Pramuka Garuda harus menjadi contoh bagi yang lainnya.

“Perubahan perilaku dalam Pramuka Garuda harus ada nilai plus dalam keteladanan dan nilai nilai norma yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” jelasnya.

Hadir dari unsur pengurus Kwarcab Sumedang diantaranya Ketua Harian Drs H Dedi Haris, Suryati MMPd, Kusmana, Tono Sartono BSc dan Kusdiana. Mereka tergabung dalam tim penguji peserta calon Pramuka penegak dan penggalang Pramuka Garuda Kwarcab Sumedang.

Sedangkan dari unsur pengurus Kwarran Cimalaka yang bertindak sebagai tuan rumah diantaranya Ketua Kwarran Cimalaka Endang Effendi SPd, Mabigus MAN 1 Sumedang Abdul Haris MAg, Dodi Partawijaya, Ismail Farid MPd,  Awan Setiawan SPd dan Imas Sumiati SAg. Hadir pula Yusuf Kamaludin (Pembina MA Muhammadiyah Cikaramas ), Tatang Suganda SA (Pembina MTs Ma’arif Cibeureum), Gitta Nurfauziyah (DKC Sumedang). (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed