oleh

Lapar atau Terpapar

KEMISKINAN bukan lagi hanya sebatas cerita. Tapi, menjadi realita yang harus dijalani, hari demi hari oleh sebagian masyarakat Kabupaten Sumedang. Terutama, di tengah-tengah pandemi wabah virus korona atau Covid-19 yang kian hari kian mencekam.

Lapar atau terpapar. Menjadi pilihan mereka di saat semua manusia di berbagai belahan bumi memutuskan berperang melawan musuh yang tak kasat mata.

Di mana pemerintah? Di mana para wakil rakyat? Itu yang selalu mereka pertanyakan dan bicarakan saat ini.

Memang, kondisi ini sedikit kontra produktif saat kita lihat bersama beberapa waktu sebelumnya, pemerintah yang selalu menggelorakan untuk menurunkan angka kemiskinan. Dan sederet penghargaan jatuh begitu saja di tangan pemerintah yang menandakan sebuah kesuksesan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Semua orang antusias memberikan aplause, pujian hingga ucapan yang membuat para pemangku kebijakan puas akan kinerjanya.

Tapi lihatlah, mereka yang tidak punya gadget atau Hp android tidak pula dapat menyaksikan kesuksesan pemerintah. Karena andai mereka tahu, mungkin hanya sesak di dada yang mereka rasakan. Ternyata orang-orang yang mereka pilih, belum bisa membuat bahagia dan merasa aman dari kelaparan.

Kita lihat salah satu warga di Kecamatan Tanjungsari, yang harus berpuasa selama 4 hari karena tidak memiliki cukup makanan untuk mereka konsumsi.

Kita lihat di sudut-sudut daerah lainnya, masih banyak yang membutuhkan serantang beras untuk mereka bagi bersama anggota keluarga.

Lalu apakah pemerintah diam saja? Tentu tidak, pemerintah juga telah berupaya melalui program-programnya untuk mengatasi angka kemiskinan.

Namun sayang, program hanya sebatas program, yang pada kenyataanya mereka yang lapar tetap saja lapar.

Lalu bagaimana untuk mengatasi masalah perut mereka? Ternyata yang mereka rindukan saat ini hanya segelintir orang yang mengatasnamakan relawan, datang membawa sebungkus harapan untuk mereka bagi bersama anggota keluarganya.

Relawan yang tidak sedikitpun mendapat kucuran dana pemerintah ini, bergerak masif menambal kehidupan masyarakat hari demi harinya.

Ini seharusnya menjadi tamparan keras bagi pemerintah maupun wakil rakyat dalam mengatasi potret kehidupan di Kabupaten Sumedang. Walaupun berbagai program diturunkan, ternyata sebagian masyarakat di berbagai pelosok daerah belum dapat merasakan surga yang diciptakan pemerintah.

Kita semua tahu, Covid-19 ini memporak-porandakan semua sektor yang muaranya adalah ekonomi. Selain kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis sebagai garda terdepan, masyarakat lainnya juga harus tersentuh.

Jangan sampai kita kehilangan mereka karena tidak bisa mengisi perutnya. Karena akan menjadi aib yang jauh lebih buruk saat mereka mati karena merasa ditelantarkan.

Oleh sebab itu, mau tidak mau, suka tidak suka, pemerintah disini harus benar-benar tegas dalam mengambil sebuah keputusan. Terutama bagaimana mengatur agar semua program-program bantuan yang ada benar-benar sampai ditangan mereka yang membutuhkan.

Tidak hanya orang miskin yang sudah tercatat miskin, tapi harus sampai kepada mereka yang miskin dan belum tercatat. Ditambah, jangan juga kita melupakan mereka yang terkena dampak Covid-19 ini. Terutama mereka yang harus menelan pahitnya hidup karena harus berhenti bekerja setiap harinya demi mematuhi sebuah aturan pemerintah.

Sudah lah, hentikan kegiatan seremoni belaka. Mulailah dengan memikirkan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang membutuhkan. Jangan sampai ada program yang baik, menjadi tidak baik karena dimanfaatkan para pebisnis yang kebetulan dekat dengan para penguasa.

Di kondisi saat ini, seperti yang disampaikan oleh Dahlan Iskan, sudah saatnya pemerintah menggaji rakyat. Agar ekonomi terus berputar. Rakyat punya uang, ekonomi lancar kembali. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. ⁣Masih tetap #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan. silahkan bisa lsg join dan cukup bermain game SERUUUU yang ada di situsjadul.com serta bisa pilih/ambil bonusnya guys.

News Feed