Lebih Dekat dengan Danyon 301/PKS, Mayor Inf Tuwadi SE **Akan Jalin Silaturahmi dan Berbaur dengan Warga

Serah terima jabatan (sertijab) Danyon 301/PKS telah sukses digelar, Kamis (11/8). Kini, Komandan Batalyon Infanteri 301/PKS dijabat oleh Mayor Inf Tuwadi SE menggantikan Letkol Inf Mohammad Mahfud As’at SIp. Bagaimana rencana kedepan Mayor Tuwadi SE memimpin Yonif 301/PKS. Berikut liputannya.

ATEP BIMO SUTEJO, Cimalaka

Batalyon Infanteri (Yonif) Prabu Kian Santang (PKS) 301 Sumedang resmi dipimpin Komandan baru. Ya, Mayor Inf Tuwadi SE menggantikan Letkol Inf Mohammad Mahfud As’at SIp. Pria kelahiran Purwokerto ini selama berkarir di TNI AD telah bekerja di Kalimantan, Papua dan Aceh. Terakhir, sebelum menjabat sebagai Danyon 301/PKS, Tuwadi menjabat sebagai PS Pabandyalat Sopsdam III/Siliwangi.

Setelah resmi menjadi Danyon 301/PKS, Mayor Inf Tuwadi mempunyai banyak program yang akan dilakukan. Dia akan mencari masukan-masukan terkait Yonif 301/PKS dan masyarakat. Termasuk, salah satunya akan membenahi internal Yonif 301/PKS.

“Sejak awal masukan masih kurang. Saya akan mencari masukan dan akan membenahi dulu internal di batalyon,” kata Tuwadi kepada Sumedang Ekspres di kantornya, kemarin.

Tuwadi mengatakan dirinya bertekad akan membantu semua lapisan masyarakat. Dirinya akan menjalin silaturahmi dengan tokoh ulama, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat.

“Saya mendengar informasi bahwa masyarakat sangat takut untuk masuk ke asrama. Kita akan usahakan agar warga tidak takut lagi,” jelasnya.

Dikatakan Tuwadi, berbagai cara akan dilakukannya untuk berbaur dengan masyarakat. Seperti dengan olahraga bersama ataupun Shalat Jumat di asrama. “Mungkin, anggota juga akan didorong untuk melakukan sholat jumat ke masjid-masjid yang ada di sekitar asrama. Agar warga dan anggota dapat berbaur,” jelasnya.

Tuwadi menjelaskan jatidiri prajurit adalah tentara rakyat. Tetapi, sebutnya, kadang rakyat masih takut dengan tentara. Diharapkan, pihaknya bersama masyarakat dapat bersama-sama mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Kita dapat menyatu disini, satu keluarga dan sama-sama mengabdi kepada bangsa dan negara,” tandasnya.

Kini, kata dia, Yonif 301/PKS akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba TNI angkatan darat (Tontangkas). Sebutnya, pihaknya sampai saat ini belum mempersiapkan untuk lomba tersebut. Karena, baru pulang tugas di Papua. Sementara, sambungnya, kesatuan-kesatuan lain telah mempersiapkan diri.

“Kami akan mempersiapkan lomba-lomba tersebut dengan ekstra. Mudah-mudahan dapat berprestasi meski dengan persiapan sangat singkat,” tutupnya. (*)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.