Legalitas Tanah Eks Genangan Tak Jelas

Peliput/Editor: NET

Legalitas Tanah Eks Genangan Tak Jelas

LATIHAN: Sejumlah anak tengah berlatih motocross di sebuah sawah kawasan Darmaraja.

DARMARAJA – Tanah eks wilayah Genangan Waduk Jatigede yang tidak dibebaskan, belum jelas legalitasnya. Meski tanah yang merupakan wilayah desa tergenang di atas elepasi 262 meter dari permukaan laut (mdpl), sudah digabungkan kepada desa-desa penyangga.

Salah satu contohnya, Desa Cibogo Kecamatan Darmaraja yang merupakan salah satu desa tergenang habis. Di desa ini masih menyisakan tanah sekitar kurang lebih tujuh hectare, dan tanah sisanya sudah digabung ke desa penyangga yaitu Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja.

“Wilayah eks Desa Cibogo memang sudah digabung dengan Desa Tarunajaya, tapi belum ada surat keputusan bupati, jadi dianggap belum resmi,” kata Kepala Desa Tarunajaya Eman Sulaeman, kemarin (5/11).

Karena belum adanya surat keputusan bupati, maka tanah tersebut juga belum bisa dijual belikan. Hal itu tentu akan berdampak tidak baik bagi pemilik tanah tersebut.

“Kami pihak desa yang terlimpahi oleh tanah eks wilayah Desa Cibogo, tentunya akan berupaya untuk membuat permohonan kepada bupati untuk menandatangani surat keputusan terkait legalitas tanah tersebut,” ucapnya.

Lebih parahnya, saat ini Desa Tarunajaya mendapat program nasional (prona) sertifikasi tanah gratis. Dan wilayah eks desa tergenang itu, tidak bisa ikut dalam program tersebut sebelum ada legalitas surat keputusan bupati.

“Kasian kan warga yang menempati tanah di wilayah eks Cibogo itu tidak bisa di sertifikatkan,” tuturnya.

Namun, saat ini pihak desa tengah berupaya membuat surat permohonan kepada bupati untuk melegalkan tanah tersebut. “Dalam waktu dekat ini kita akan buat permohonan untuk hal itu,” katanya.

Diharapkan, Pemerintah Kabupaten Sumedang bisa mempermudah untuk melegalkan tanah yang merupakan tanah sisa wilayah genangan. Tidak hanya tanah eks wilayah Cibogo saja, tapi ada tanah-tanah lainnya juga yang statusnya seperti eks tanah Cibogo.

“Saya maunya semua tanah eks wilayah genangan bisa dilegalkan,” tukasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.