Lima Parpol Serahkan Berkas Ke KPU

Lima Parpol Serahkan Berkas Ke KPU

Komisioner KPUD Sumedang Elsya Tri Ahaddini ketika dikunjungi di ruangan kerjanya.

PEWARTA: SOBAR BAHTIAR/SUMEKS

Sebelumnya Tak Lolos

KOTA – KPUD Kabupaten Sumedang menerima surat edaran dari KPU RI untuk kembali membuka penerimaan berkas. Hal itu menindaklanjuti permintaan Bawaslu terhadap KPU RI terkait sembilan partai yang harus diikut sertakan dalam Pileg 2019 mendatang.

“Pendaftaran itu sesuai dengan surat edaran dari KPU pusat yang memerintahkan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk menerima berkas pasca keputusan Bawaslu. Jadi kami membuka penerimaan berkas selama tiga hari. Yaitu sejak tanggal 20, 21 dan 22 November 2017,” kata Komisioner KPUD Sumedang Elsya Tri Ahaddini kepada Sumeks, Rabu (22/11).

Adapun yang diperintahkan KPU RI kepada KPUD di Kota/Kabupaten adalah menerima berkas sembilan parpol yang sesuai dengan keputusan dari Bawaslu.

“Untuk di Sumedang, dari sembilan parpol tersebut, kebetulan hanya ada lima. Yaitu PKPI, Idaman, PBB, Republik dan Parsindo. Itu yang diputuskan oleh Bawaslu,” ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Elsya, ke sembilan partai politik tersebut dinyatakan tidak diterima dengan alasan tidak lengkap persyaratannya. Akan tetapi, Bawaslu justru meminta kepada KPU RI untuk menerimanya.

“Alasannya, Sipol bukan satu-satunya syarat untuk pendaftaran parpol,” sebut Elsya.

Elsya juga menerangkan bilamana ada perubahan data di kelima parpol tersebut, KPUD Sumedang akan segera memverifikasinya.

“Nanti kalau ada perubahan data, ya itu harus kami verifikasi,” tandasnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.