Lima Sapi Mati Mendadak

Peliput/Editor: IST

Lima Sapi Mati Mendadak

MATI: Salah satu sapi ternak warga Desa Cijambe Kecamatan Paseh ditemukan mati mendadak.

KOTA – Sebanyak lima ekor sapi milik warga Desa Cijambe Kecamatan Paseh, mati mendadak tanpa diketahui penyebabnya. Sapi-sapi tersebut milik Yaya, 56, dan Mamat, 47, yang sudah belasan tahun menekuni bisnis beternak sapi potong.

Yaya mengungkapkan, kejadian tersebut berawal dari minggu lalu. Dia mendapati dua ekor sapi miliknya terbujur kaku di dalam kandangnya tanpa sebab. Dilihat dari ciri-cirinya, tidak ada bekas luka atau lebam.

“Saya ketahui pagi-pagi ketika mengecek kandang, dua ekor sapi kok tidurnya seperti kaku. Kemudian saya cek dan ternyata mati,” terangnya, kemarin (30/10).

Awalnya, dia mengira sapi miliknya menjadi korban tindak kriminal kejahatan penyembelihan sapi di kandang yang biasanya hanya disisakan badannya saja sedangkan bagian lain seperti paha dibawa. Namun setelah dilakukan pengecekan, bagian tubuh sapi miliknya utuh dan tidak ada bekas mencurigakan.

“Saya kira sapi saya dipotong oleh orang yang jahat, karena beberapa waktu lalu pernah ada yang memberi tahu modus kejahatan sapi seperti itu,” tuturnya.

Sementara itu peternak lainnya Mamat mengungkapkan, tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan sebelum sapi miliknya ditemukan mati di kandang. Malahan sapinya, makan pakan yang diberikan dengan lahap.

“Saya tidak curiga, sebab sapinya terlihat sehat dan diberi makan juga rampus,” katanya.

Atas kejadian ini, pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang. Dan tak berapa lama langsung menurunkan tim kesehatan hewan untuk melakukan penyelidikan perihal matinya sapi tersebut.

“Betul ada laporan dari Paseh. Kami langsung bertindak cepat dan tim keswan sudah turun. Kami sudah mengumpulkan data dan sample di lapangan, dan kami akan cek di lab. Baru nanti hasilnya akan diketahui,” ujar Kepala Dinas Ade Guntara.

Ade pun berpesan, masyarakat yang menemukan atau mengalami kejadian yang sama, untuk segera melaporkan kepada Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js