Linmas Dilatih Tangkap Penjahat

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Linmas Dilatih Tangkap Penjahat

DOK SUMEKS PELATIHAN: Anggota Linmas Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung mendapat pelatihan baris berbaris, belum lama ini.(ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)

CIMANGGUNG – Anggota perlindungan masyarakat (linmas) Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung mengikuti tata cara baris berbaris, penggunaan tongkat, cara menangkap penjahat dan menggeledah.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan para linmas di desa tersebut. Selain itu mereka juga berlatih peraturan baris berbaris yang berlangsung di aula kantor desa setempat, belum lama ini.

Belasan anggota linmas yang mayoritas sudah lanjut usia tersebut antusias dalam mengikuti petunjuk dari Panit Binmas Polsek Cimanggung, Ipda Muhtar dan Kasi Trantib Pol PP Kecamatan Cimanggung, Eddy Kusnadi sebagai pelatih.

“Satu persatu anggota linmas diberikan pemahaman cara baris berbaris. Bahkan satu per satu dari mereka di tes, mulai dari gerakan berhitung, siap, hadap kiri dan kanan, balik kanan dan balik kiri. Selain itu mengikuti cara menggunakan tongkat serta menangkap penjahat,” terang Muhtar kepada Jateks, kemarin.

Pada saat dites, banyak diantara mereka yang salah gerakan. Meski salah, beberapa diantara mereka terlihat cuek karena masih belum mengetahui gerakan-gerakan PBB tersebut. Hal itu yang membuat pelatih tertawa terbahak-bahak.

“Kalau ada yang salah masih bisa dikatakan wajar karena basih belajar. Namun terus diingatkan agar gerakan-gerakan bisa baik dan mendekati sempurna,” terangnya.

Menurut dia, sebagai ujung tombak informasi di wilayahnya, anggota linmas perlu meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan. Selain itu, latihan PBB tersebut juga bertujuan untuk menerapkan jiwa kedisiplinan bagi para anggota.

Bagi anggota linmas khususnya di Kecamatan Cimanggung diharapkan agar tetap siaga. Pasalnya, banyak peristiwa yang kerap terjadi di Cimanggung. Seperti bencana alam dan kasus kriminalitas.

“Linmas sekarang harus bisa kedepan mengantisipasi semua kemungkinan selain bencana juga kriminalitas yang terjadi di sekitarnya,” pungkasnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.