Lomba Baca Puisi Sedot Animo

Lomba Baca Puisi Sedot Animo

EKSPRESIF: Salah seorang peserta Lomba Baca Puisi dengan penuh penghayatan beraksi di depan dewan juri. (foto dua) sejumlah peserta foto bersama dewan juri dan panitia Lomba Baca Puisi Harian Pagi Sumedang Ekspres-Panti Baca Ceria, di area CFD Alun-alun Sumedang. Minggu (19/3). (ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: Asep Nurdin/Rls

** Juara 1 Dapat Satu Set Buku Kang Maman ILK

KOTA – Lomba Baca Puisi yang diselenggarakan Harian Pagi Sumedang Ekspres bekerjasama dengan Taman Baca Ceria, mengundang antusias pengunjung Car Free Day (CFD), Minggu (19/3).

Seperti disampaikan Ketua Panitia, Asep Chandra Sejati, kegiatan Lomba Baca Puisi tersebut, masih merupakan rangkaian acara Hari Jadi Sumedang Ekspres yang ke7. “Karena tahun ini tema ulang tahun kita menitikberatkan kepada Gerakan Literasi, maka Lomba Baca Puisi ini saya kira akan mampu mendongkrak minat baca generasi muda,” katanya di sela-sela kegiatan.

Asep menilai, antusias masyarakat, terutama anak sekolah dan mahasiswa cukup tinggi. Terbukti dengan peserta yang mengikuti kompetisi, jumlahnya lebih dari 40 orang. “Padahal pendaftaran kami buka hanya satu minggu lamanya,” terang Asep.

Mereka, kata Asep, memiliki talenta di bidang sastra. Ia meyakini, dengan Lomba Baca Puisi yang digelar ini dapat dijadikan barometer jika masyarakat Sumedang sudah mulai melek baca. “Ini harus kita dorong, agar masyarakat Sumedang menjadi bangsa yang literatif, membaca sudah menjadi kebutuhan dalam hidup,” katanya.

Acara yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut, menjaring lima orang pemenang. “Juara ke satu, diraih Muhammad Syaikul dengan perolehan nilai sebesar 644 poin,” ucapnya.

Juara kedua, Triana CP siswi SMAN 1 Sumedang, dengan perolehan nilai sebesar 640, dan juara ke tiga diraih Asep Sutendi siswa MAN 1 Sumedang dengan perolehan nilai sebesar 638 point.

“Sedangkan juara favorit diraih Aliyudin siswa MAN 1 Sumedang, dengan perolehan nilai 637 dan juara berbakat diraih Rischa siswi SMK Maarif 2 Sumedang dengan mendapatkan nilai sebesar 631 poin,” sebutnya.

Asep menambahkan, kepada para pemenang lomba pihaknya memberikan sejumlah hadiah sebagai penghargaan atas prestasi-prestasi yang mereka capai. Tentunya, agar menjadi juga movifasi bagi yang lain untuk terus mengasah kemampuannya dalam bidang sastra.

“Ada beberapa hadiah yang kami berikan, juara pertama mendapatkan satu set buku karya Kang Maman ILK ditambah hadiah dari Sumeks yang diserahkan langsung oleh Ibunda tercinta Kang Maman ILK,” tuturnya.

Untuk juara kedua, berupa tabungan dari Bank BJB Syariah, yang penyerahannya dilakukan Manager Operasional, Isa Nur Zaman. Dan juara ketiga mendapatkan hadiah menarik dari Harian Pagi Sumedang Ekspres. Penyerahan hadiah pun dilakukan General Manager Sumeks, Handri S Budiman.

“Untuk juara favorit mendapatkan hadiah masih dari Sumeks, yang penyerahannya dilakukan pendiri Panti Baca Ceria, Ipul Saepulloh. Untuk juara berbakat mendapatkan hadiah dari Sumeks pula yang penyerahannya oleh saya sendiri,” ujarnya.

Selain hadiah kepada para pemenang lomba, pihaknya pun memberikan cindramata berupa duplikat terbitan koran Sumeks kepada Hj Ani Gestaviani SKM MAP sebagai dewan juri dan Dra Nunung Julaeha MSI, selaku dewan juri, dan juga kepada ibunda Kang Maman Suherman.

Sementara itu, pada acara tersebut hadir sebagai bintang tamu dan turut berpartisipasi membaca puisi, Ketua GM FKPPI Kabupaten Sumedang Faisal Muhammad Nugraha dan perwakilan dari Komunitas Asep Asep.

“Tak lupa, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Komunitas Asep-Asep (KAA) juga Generasi Muda (GM) FKPPI atas dukungan acara tersebut. Dengan karya puisinya yang menyulut jiwa patriotisme, mudah-mudahan dapat menggelorakan semangat membaca. Bersama KAA, kita pertajam gerakan literasi di Sumedang,” ucapnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.