Longsor Ancam 10 Rumah di Desa Sukamenak

Longsor Ancam 10 Rumah di Desa Sukamenak

BUAT IRIGASI: Sejumlah warga Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja gotong royong membuat saluran irigasi darurat paska longsor yang nyaris menimpa rumah, kemarin. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

NYARIS TERTIMBUN

DARMARAJA – Rumah warga Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja, terancam runtuhan longsor. Sebab, hujan deras pada Minggu (18/2) sekitar pukul 20.00 malam menyebabkan longsor Dusun Munjul dan Pasirlempah.

Kepala Desa Sukamenak Gustaman menyebutkan, longsor yang terjadi di wilayah desanya itu nyaris mengenai sejumlah rumah warga. Hasil pendataannya, ada sekitar 10 rumah di sepuluh titik rawan longsor yang berpotensi terkena runtuhan longsor.

“Sekitar pukul 20.00 longsor terjadi di desa ini dan nyaris mengenai rumah warga,” katanya, kemarin (19/2).

Longsor diakibatkan karena tidak adanya saluran irigasi untuk air dari pemukiman. Sehingga air hujan menyerap di setiap titik tanah labil, yang akhirnya mengakibatkan longsor pada tebing dan Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Memang di wilayah itu belum ada saluran irigasi, jadi airnya tidak mengalir,” ucapnya.
Oleh sebab itu, pemerintah desa akan membuat dan menata saluran irigasi yang ada di titik rawan longsor. Namun untuk saat ini, diharapkan warga bisa membuat saluran irigasi darurat.

“Nanti salurannya akan kita buat. Untuk sementara diharapkan warga bisa membuat saluran irigasi darurat,” terangnya.

Selain itu, Gustaman mengimbau kepada warga untuk selalu waspada saat hujan deras turun. Karena dihawatirkan longsor akan kembali terjadi. Meski pun, warga sudah gotong royong untuk membuat saluran irigasi darurat dan membuat penahan tanah dari bambu.

“Warga harus selalu waspada saat hujan turun. Apalagi saat malam hari,” imbaunya.
Bentuk kewaspadaan, kades pun mengimbau untuk memperketat siskamling. “Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka warga harus gelar siskamling,” tegasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.