oleh

Longsor Rusak 1 Rumah dan Ancam Puluhan Lainnya

PERLU RELOKASI

JATIGEDE – Bencana longsor, terus terjadi di wilayah terpencil Kabupaten Sumedang. Kali ini, musibah itu menimpa rumah Komarudin warga Dusun Sukamulya Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede pada Minggu (18/3) sekitar pukul 17.00.

Rumah bagian belakang Komarudin, tertimpa material longsor yang mengakibatkan rumah ambruk.

“Rumah saya tertimpa longsor pada saat hujan deras tengah berlangsung sekitar pukul 17.00,” ucap Komarudin, kemarin (19/3).

Dia menjelaskan, pada saat kejadian berlangsung dirinya bersama dua anggota keluarganya tengah berada di ruang tengah rumah. Dirinya baru sadar kalau bagian belakang rumahnya tertimpa longsor saat anaknya memberi tahu bahwa ada urugan tanah di dapurnya.

“Saya pikir urugan tanah biasa saja, pas saya cek ternyata longsor yang menimpa bagian belakang rumah saya,” ucapnya.

Setelah tahu bagian belakang rumahnya ambruk, dia segera meminta bantuan kepada warga lainnya untuk evakuasi barang berharga yang ada di rumahnya. Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya longsor lebih besar yang mengenai seluruh bagian rumahnya.

“Dari semalam barang-barang sudah di evakuasi,’ sebutnya.

Sementara itu Kepala Desa Mekarasih Cecep menerangkan, jumlah rumah yang mengalami rusak berat hanya satu rumah saja. Namun yang terkena dampak ada sekitar 25 rumah dan puluhan rumah lainnya terancam longsor.

“Ada puluhan rumah lagi yang berpotensi terkena longsor bahkan ada 20 rumah yang harus direlokasi segera,” ucapnya.

Dikatakan, sampai saat ini masih belum ada bantuan dari pemerintah baik bantuan berupa sembako atau bantuan untuk perehaban rumah yang terkena dampak.

“Warga di sini selalu gotong royong untuk memperbaikinya. Saya harap ada bantuan dari pemerintah,” harapnya.
Selain itu, sarana ibadah dan pendidikan juga terancam longsor. Sebab di sekitar bangunannya, sudah nampak retakan pada tanah.

“Ada juga sarana pendidikan dan ibadah yang berpotensi terkena longsor,” pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed