Longsor Tutup Jalur Irigasi

Longsor Tutup Jalur Irigasi

BERSIHKAN LONGSOR: Anggota TNI dan warga gotong royong membersihkan longsoran yang menutup irigasi.

PEWARTA: IST

450 Hektare Sawah Terancam

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya mengakibatkan tebing setinggi 50 meter di Kampung Neglasari Kecamatan Salawu longsor. Akibatnya saluran irigasi yang mengairi sekitar 450 hektare area persawahan tertimbun.

Tertimbunnya saluran irigasi ini, membuat 450 hentare sawah terancam tidak terairi. Bahkan, padi yang memasuki masa panen terancam mati.

“Karena hujan lebat sehingga ada longsoran tebing kesungai tutupi aliran air karena hujan terlalu lebat akhirnya tahanan ga kuat jadi jebol. Ini hawatir kekeringan 450 hektare yang ada di lima Desa,” kata Kapolsek Salawu Iptu Dedi Hidayat, Kamis (16/11).
Selain menutup saluran irigasi, material longsoran juga merusak rumah warga. Bagian dapur rumah milik Hakim (45) rusak. Di kecamatan Salawu sendiri, sedikitnya ada empat titik kejadian longsor.

“Desa Salawu ada empat titik, tapi yang paling parah itu tebing yang menutup irigasi, ” papar petugas kecamatan Tatang Somantri.

Intensitas hujan yang tinggi membuat warga diharapkan selalu waspada, terlebih Kecamatan Salawu termasuk rawan bencana longsor.

“Kami imbau kepada masyarakat tetap waspada, karena hujan akan terus turun. ” pungkas Tatang. (rmo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.