oleh

Lulusan SMA Al Ma’soem Diserap PTN Favorit

JATINANGOR – Guna memberikan wawasan dan pengalaman kepada siswa-siswi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan PTS favorit, Yayasan Al Ma’soem Bandung menggelar CBP Camp (Cageur Bageur Pinter) di Kawasan Al Masoem.

Acara yang berlangsung sejak Sabtu (22/12) sampai Senin (24/12) itu, diikuti sedikitnya 268 siswa-siswi SMA Al Ma’soem dari 274 siswa. “Yang tidak hadir enam orang karena sakit. Intinya kegiatan ini untuk membentuk kepribadian siswa dan melatih jiwa mandiri di samping diberikan pengetahuan dan pengalaman oleh alumni yang sudah diterima di PTN/PTS Favorit,” kata Direktur Pendidikan Yayasan Al Ma’soem Bandung Drs Asep Sujana MM.

Menurut Asep, CBP Camp dibentuk untuk membentuk karakter siswa selama tiga hari. Yakni dibekali materi-materi dan pengembangan diri sebelum masuk ke perguruan tinggi.

“Tujuan lain ingin membangun sinergitas antara teman. Kebiasaan diri seseorang yang suka egois dan sebagainya agar sinergis. Juga siswa dilatih mandiri seperti makan seadanya tidur bersama,” katanya.

Selain itu, kata Asep, yang membedakan dengan acara sekolah lain yakni camp ini ada pemateri pembicaraanya guru Al Ma’soem sendiri, psikolog, dan panitia ujian masuk lokal seperti pihak ITB,  Unpad,  dan ISBI.

“Ada satu acara lain yakni temu alumni. Waktunya hari minggu. Jadi Alumni Al Ma’soem yang sudah di kuliah PTN back to school.  Semuanya ada 174 alumni yang akan hadir,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, selain alumnus di PTN favorit ada juga alumni yang sudah sekolah di sekolah ikatan dinas. Seperti IPDN dan Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN).

“Pengaruh adanya CBP Camp ini tiap tahun jumlah yang diterima di PTN meningkat. Sekarang menjadi 52 persen siswa diterima di PTN,  dibanding tahun lalu yang hanya 50 persen,” ujarnya.

CBP Camp ini, lanjut Asep sudah tahun ke lima. Idenya sendiri hasil studi banding ke SMA Bina Bangsa Sejahtera Bogor, yang kemudian kita diserap.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Al Masoem, Ir Dedi Purwadi M.Pd menambahkan tahun lalu sebanyak 145 dari 278 orang lulusan diterima di PTN atau sekitar 52 persen. “Target tahun sekarang diharapkan lebih meningkat dari tahun ini. Minimal 55 sampai 60 persen,” ujarnya.

Sementara untuk CBP Camp ini kegiatan hari pertama menggali potensi diri dari Psikolog sampai jam 12 siang. Kemudian siang sampai sore dari dunia Pendidikan Tinggi di Indonesia kita ngundang untuk memberikan tips masuk PTN.

“Malamnya ada training motivasi. Kemudian hari Minggu ngundang alumni, ada stand kampus fair. Malam Seninnya ada sukses story dari alumni yang telah sukses. Sementara hari ketiga kebanyakan game,” tukasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed