Lumpur Penuhi Jalan Desa, Akibat Pembangunan Perumahan

Peliput/Editor: Engkos koswara

Lumpur Penuhi Jalan Desa,  Akibat Pembangunan Perumahan

GOTONG ROYONG: TNI dari Koramil Tanjungsari berbaur bersama warga membersihkan lumpur di Dusun 1 Kiara Jegang, Desa Mekar Bakti, Kecamatan Pamulihan, kemarin.(ENGKOS KOSWARA/JATEKS)

PAMULIHAN – Warga Dusun 1 Kiara Jegang, Desa Mekar Bakti, Kecamatan Pamulihan melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan sampah serta lumpur akibat adanya pembangunan Perumahan Citra Maharani Asri (PCMA).

Lumpur yang diduga dari perumahan tersebut masuk ke jalan rabat beton yang sering dilalui warga. Akibatnya penguna jalan yang melintas terutama kendaraan roda dua sering mengalami kecelakaan karena jalanya licin bila ada hujan.

Untuk menjaga hal yang tidak diharapkan, warga dibantu anggota TNI dari Koramil Tanjungsari langsung turun tangan membersihkan sisa tumpukan lumpur diatas badan jalan.

Danramil Tanjungsari Kapten Infantri, Asep Sofiana langsung memerintah anggotanya melakukan kegiatan kerja bakti. Kegiatan tersebut dipimpin Babinsa Desa Mekarbakti, Serda, Turis agar berkoordinasi dengan kepala desa untuk menggerakan warganya.

“Kami langsung bergerak membersihkan lumpur yang sering mengakibatkan kecelakaan bila dilintasi kendaraan roda dua setelah ada koordinasi dengan kades setempat,” kata Turis kepada Jateks, kemarin.

Pihaknya berharap kepada pihak perumahan agar ikut memperhatikan kondisi jalan yang sering tertutup lumpur ketika ada hujan. “Lumpur itu lebih disebabkan akibat adanya proyek pembangunan perumahan,” ucapnya.

Padahal, kata Turis selama ini jalan tersebut sering dilintasi kendaraan proyek yang mengangkut bahan material untuk perumahan tersebut. Jalan itu merupakan jalan umum yang biasa dilintasi warga.

“Tentunya harus ada kepedulian dari semua pihak termasuk dari pihak perumahan karena kendaraan proyeknya melintas ke jalan ini,” terangnya lagi.

Kepela Desa Mekar Bakti, Saca saat dikonfirmasi sangat mendukung kegiatan yang dilakukan pihak TNI bersama warganya. Kebersamaan itu dilakukan untuk membersihkan lumpur yang ada di badan jalan.

“Dengan adanya kerjasama antara TNI dengan warga untuk kegiatan gotong-royong tentu diharapkan banyak manfaatnya bagi semua pihak termasuk pengguna jalan,” harapnya.

Menurutnya, selama ini Babinsa desa sangat aktif dalam membina masyarakat. Salah satu diantaranya kegiatan karang taruna, kerja bakti, olah raga, pengajian serta ronda malam.

“Bahkan setiap ada persoalan di warga kami, babinsa langsung membantu dengan bijak menyelesaikan dengan cara yang persuasive serta kekeluargaan,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Saca, babinsa didesanya diharapkan bisa menciptakan pertahanan yang kuat bersama rakyat demi tercapai pembangunan yang hebat. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.