MA dan MTs Siap Ikuti UNBK

MA dan MTs Siap Ikuti UNBK

IKUT UJIAN: Sejumlah siswa madrasah tengah mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (NET/ILUSTRASI)

PEWARTA: ATEP BIMO AS/SUMEKS

KOTA – Kasie Madrasah Kemenag Sumedang, Drs Suwarno menegaskan Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di lingkungan Kemenag Sumedang, siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Menurutnya, di lingkungan Kemenag Sumedang sendiri, ada 76 Madrasah Tsanawiyah dan 22 Madrasah Aliyah yang akan melaksanakan UNBK. Semuanya, telah siap melaksanakan UNBK.

Alhamdulilah semua Madrasah di lingkungan Kemenag Sumedang 100% melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer,” ujar Suwarno di kantornya, Senin (18/3).

Suwarno menambahkan, tak terkecuali dengan madrasah-madrasah yang ada di pelosok, semuanya juga turut melaksanakan UNBK. “Seperti Madrasah di Kecamatan Surian dan juga daerah pelosok Tenjolaut Conggeang, turut mengikuti UNBK walaupun memang harus ikut di Madrasah yang lain,” tambahnya.

Suwarno menuturkan, dari segi sarana prasarana tidak ada masalah semuanya sudah siap. Termasuk, kesiapan siswa yang akan melaksanakan ujian.

“Sebelum melaksanakan UNBK April mendatang, peserta telah mengikuti kegiatan simulasi UNBK dan gladi. Hal ini dilakukan agar mereka lebih siap,” tandasnya.

Suwarno menjelaskan, jumlah peserta UNBK untuk Madrasah Aliyah 1.115 siswa. Sementara, untuk Madrasah Tsanawiyah 4.703 siswa.

Kondisi berbeda dengan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan yang belum 100% melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.

Menurut Kasie Kurikulum Bidang SMP Disdik Sumedang Edi Suwardi dari 114 SMP yang menggelar Ujian Nasional hanya 71 sekolah yang melaksanakan UNBK. Sisanya 41 sekolah masih melaksanakan ujian secara manual dengan kertas dan pencil.

Ironisnya sekolah yang belum melaksanakan UNBK ini bukan hanya sekolah sekolah yang ada di daerah, tetapi sekolah sekolah masuk katagori kota seperti di wilayah Kecamatan Tanjungsari dan Cimanggung juga masih melaksanakan ujian nasional dengan kertas dan pencil (UNKP). (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.