Mahasiswa KKN Unwim Disebar

TANJUNGSARI – Sebanyak empat puluh sembilan mahasiswa semester enam Fakultas Pertanian Unversitas Winaya Mukti (Unwim) saat ini tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lima desa di Kabupaten Sumedang.

Para mahasiswa mulai diberangkatkan pada tanggal 26 Juli 2016, melalui acara pelepasan di Kampus Unwim Tanjungsari. Acara pelepasan ini dihadiri oleh Rektor Unwim Prof.Dr. Hj. Ai Komariah, Ir., M.S., Wakil Rektor I Unwim Dr. Hj. Nunung Sondari, Ir., M.P.., Wakil Dekan Fakultas Pertanian Unwim Dr. Lia Amalia, Ir., M.P., Ketua LPPM Unwim Dr. Tien Turmuktini, Dra., M.P. dan beberapa dosen pembimbing.

Lima desa yang dikunjungi peserta KKN adalah Desa Ujung Jaya, Desa Palasari, Desa Kudang Wangi, Desa Kebon Cau dan Desa Cibuluh.

“Di sana para mahasiswa akan melaksanakan aktivitas profesi pertanian dan aktivitas pengabdian. Aktivitas profesi pertanian mencakup kegiatan menginvestigasi masalah-masalah pertanian yang dihadapi oleh warga, dan berusaha untuk memecahkan masalah-masalah tersebut,” kata Rektor Unwim, Prof Dr Hj Ai Komariah dalam siaran pers yang diterima Sumeks, kemarin.

Aktivitas pengabdiannya, kata dia, mencakup kontribusi pemikiran, bimbingan dan tenaga terhadap kegiatan pembangunan yang tengah dilaksanakan oleh masyarakat.

Kegiatan ini akan berlangsung sampai tanggal 25 September 2016. Diharapkan kegiatan KKN ini dapat memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan kepada masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lalu, memberikan pengalaman belajar dan bekerja sebagai kader pembangunan sehingga dapat menumbuhkan sikap professionalisme, mendewasakan cara berfikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melaksanakaan penelitian ilmiah dan membina mahasiswa menjadi motivator, dinamisator dan problem solver.

“KKN ini adalah kegiatan Intra Kurikuler wajib bagi mahasiswa jenjang Sarjana (S1) di lingkungan Unwim dengan bobot 3 SKS. Tidak hanya itu, kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Darma perguruan tinggi yang diwujudkan secara langsung dan nyata di lapangan oleh civitas akademika perguruan tinggi,” tandasnya. (hms/imn)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.