Makodim Tampung Pengungsi Longsor 422 Jiwa, KODIM PEDULI

KOTA – Sejak 19 September 2016 hingga kemarin, Kodim 0610 Sumedang masih tampung 422 jiwa pengungsi yang menjadi korban longsor dan antisipasi longsor di wilayah Desa-desa kecamatan Sumedang Selatan, khususnya masyarakat yang bermukim disepanjang lereng jalan Sumedang-Bandung.

Penampungan yang di lokasikan di Kodim karena camp penampungan pengungsi di GOR Tadjimalela sudah tidak mampu menampung lebih dari jumlah pengungsi yang sudah ada. Disamping itu Kodim 0610 Sumedang sebagai bagian dari TNI akan selalu siap dalam melaksanakan tugas pokok yakni tugas Operasi militer.

Sebab selain perang, TNI juga ada tugas  pemberian bantuan terhadap korban bencana alam dalam bentuk dan waktu seperti apapun.   Adapun pendirian Posko yang di gelar secara cepat oleh personil Kodim menggunakan sarana sarana yang dimiliki Kodim dan perlengkapan yang ada di Yonif 301/PKS, Dinas Sosial serta Instansi terkait lainnya serta sejumlah Ormas yang juga bergabung mendirikan Posko dalam rangka membantu para pengungsi.   

“Dalam pengelolaan membantu kebutuhan pengungsi setiap harinya Posko Kodim dibantu sejumlah relawan yang setidaknya tercatat yaitu dari MDMC (Muhamadiyah Disaster Management Centre), Dinas instansi terkait, Tagana, Pramuka dan beberapa Sekolah yang sengaja hadir mengirim bantuan dan membantu menjadi Sukarelawan yang kebetulan secara sukarela berdatangan baik secara menetap maupun secara bergiliran,” ujar Dandim Letkol Inf Sri Wellianto.

 Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Inf FX Sri Wellyanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang peduli  mendukung dan membantu terselenggaranya Posko bencana baik yang dilaksanakan di GOR Tadjimalela maupun Posko yang di Kodim ini termasuk di tempat lain.  

“Selanjutnya menghimbau kepada semua pihak untuk kita sama sama membantu pemerintah Kab. Sumedang memikirkan bagaimana dan apa langkah yang harus di ambil dalam mencegah bencana dan menangani para korban bencana,” tegasnya. (her)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.