Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

WAWANCARA: General Manager Jatos S Heru Purwanto saat diwawancara wartawan terkait kesiapan buka mall, kemarin. Iman Nurman/sumeks

Mall Direncanakan Buka Mulai 9 Juni 2020

SUMEDANGEKSPRES.COM – Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan didampingi Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sumedang dan Forkopimcam Jatinangor, mengunjungi Jatinangor Town Square (Jatos) dan Toserba Griya Jatinangor.

Kunjungan ini, dalam rangka persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal di Kabupaten.

Dalam kunjungannya, wabup mengapresiasi protokol kesehatan yang dilakukan Jatos mall, yang didalamnya ada superindo dan beberapa tenan pangan yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Wabup pun meminta pihak management Jatos, agar mempersiapkan jika tanggal 9 Juni 2020, mall dibuka untuk umum.

“Kalau mal secara keseluruhan nanti kita lihat dulu hasil evaluasi, apakah bisa dibuka untuk umum apa tidak. Tapi hasil pantauan kami untuk beberapa tenan makanan dan kebutuhan pokok masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Erwan menambahkan, tak hanya pihak management saja yang rugi. Akibat PSBB, sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumedang dari pajak mall, restoran dan hotel juga berkurang.

Sehingga, Pemkab Sumedang sendiri mengharapkan new normal atau kehidupan yang normal seperti sedia kala.

“Tentu new normal sangat diharapkan, tapi kami lihat dulu sikonnya, meskipun Sumedang masuk zona biru. Namun antisipasi tetap harus dilakukan. Kami tak ingin kecolongan dengan membuka area publik sementara, resikonya masih tinggi,” katanya.

Erwan pun mengapresiasi management Jatos mal yang mentaati aturan PSBB dengan menutup jam operasional mall, kecuali tenan makanan dan sembako. Terpantau, beberapa toko masih tertutup bahkan terkunci rapat.

“Tadi saya lihat memang toko toko baju dan permainan anak masih tutup. Artinya Jatos sangat patuh pada imbauan pemerintah dengan tidak buka. Meskipun resikonya mereka harus rugi karena tidak ada pemasukan,” katanya.

Setelah ke Jatos, rombongan wabup mengunjungi Toserba Griya Jatinangor dan Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor.

Sementara itu, GM Jatos S Heru Purwanto mengatakan, Jatos menutup semua fasilitas dan toko. Bahkan bioskop, fesyen dan arena bermain anak, tutup selama PSBB. Pihaknya pun menyambut baik new normal atau AKB di Sumedang. Berharap sektor ekonomi tidak mengalami kerugian besar.

“Kami menunggu intruksi dari pemerintah kapan bisa buka. Jika pun buka, jumlah pengunjung harus 50 persen dari biasanya dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” katanya seraya menyatakan, kalau tidak ada aral melintang, Jatos akan resmi membuka mal pada 9 Juni 2020. Namun, tetap atas instruksi pemerintah. (imn)