Mantan Pemain Persib Patricio ‘Pato’ Jimenez Sedot Perhatian di Kebon Dalem Cup

Peliput/Editor: ATEP BIMO ARIO S/SUMEKS

Mantan Pemain Persib Patricio ‘Pato’ Jimenez Sedot Perhatian di Kebon Dalem Cup

FOTO BERSAMA: Mantan pemain bertahan Persib Patricio 'Pato' Jimenez (tengah) foto bersama dengan babinsa, panitia dan anggota Viking Buahdua Conggeang seusai memperkuat sebuah klub lokal dalam Turnamen Kebon Dalem Cup.

Ikut Turnamen Lokal untuk Majukan Sepak Bola Indonesia

Patricio ‘Pato’ Jimenez, banyak membuat penasaran pecinta bola di Buahdua dan Conggeang. Pemain dengan ciri khas rambut panjang dan berbandana ini, mengabdikan diri untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Hal itu dibuktikannya dengan mengikuti Turnamen Kebon Dalem Cup.

ATEP BIMO ARIO SUTEJO, Buahdua.

MUHAMMAD Patricio Jimenez Diaz. Itulah nama lengkapnya setelah tinggal di Indonesia dan menjadi muallaf. Pria kelahiran Linares Chile 23 Juni 1975 ini, sekarang mengabdikan diri untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

‘Pato’ panggilan akrabnya, rela bermain sepak bola ke kampung-kampung hanya untuk melakukan pembinaan sepak bola. Dan, dia juga rela berbekal hanya diongkosi oleh panitia/sebuah tim untuk ikut serta bermain sepak bola di lapangan seburuk apapun. Berbanding terbalik saat masa keemasannya.

Seperti yang dilakukannya di turnamen ‘Kebon Dalem’ Cup Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua, Sabtu (11/11) lalu. Pato ikut bermain untuk sebuah klub lokal.

Permainannya masih terhitung apik meski sudah melambat. Pengalamannya di masa keemasannya benar-benar dimanfaatkan saat menghalau serangan serangan tim lawan. Tentunya, hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton, terutama Bobotoh dan Viking Persib.

Bobotoh dan Viking Persib sekitar Kecamatan Buahdua dan Conggeang, menyambut gembira kedatangan Pato. Meski hujan mengguyur, tidak menjadi halangan bagi mereka.

Begitu pun dengan Pato. Dirinya rela berhujan ria hanya untuk memberi apresiasi atas sambutan yang diberikan para pendukung setia Persib ini.

Sumeks mencoba melakukan wawancara dengan pemain bertahan andalan Persib periode tahun 2006-2007 ini. Dalam wawancara itu, terungkap Pato tinggal di Indonesia karena dia ingin memajukan dan melakukan pembinaan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik. Bahkan menurutnya, sebuah mimpi besar melihat dan membawa timnas Indonesia berlaga di even sebesar piala dunia, meski sangat sulit untuk dicapai.

“Sebelum saya meninggal, saya ingin melihat Tim Nasional Indonesia berlaga di even sebesar piala dunia. Meski hal itu tentunya sangat sulit untuk dicapai,” ungkap Pato saat berbincang di sela sela waktu istirahatnya pemandian Cipanas Cileungsing Kecamatan Buahdua.

Pato mengakui, selama 10 tahun bermain di Indonesia, mulai tahun 2004 hingga 2015, menurutnya perlu adanya evolusi dalam persepakbolaan Indonesia.

“Karena selama ini, kondisi sepak bola Indonesia masih di bawah standar jika dibandingkan negara lain. Sepak bola Indonesia belum menuju ke sebuah revolusi. Terutama bagi para pemain daerah/lokal,” tandasnya.

Dikatakan Pato, harus ada perubahan besar dan signifikan jika Indonesia ingin menuju even sebesar piala dunia. Misalnya, mulai pembinaan, kompetisi yang rutin, pendidikan olahraga di sekolah-sekolah, serta faktor lainnya.

“PSSI harus mendukung segala bentuk even di mulai dari tingkat lokal (antar kampung) sekaligus melakukan pemantauan pemain berbakat. Selama ini, saya melihat dukungan itu belum ada. Masyarakat, saking cintanya menggelar sendiri kompetisi seperti ini,” jelasnya.

Pato bertekad ingin memajukan persepak bolaan Jawa Barat khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Dirinya telah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait di Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat untuk mewujudkan cita-citanya dan konsepnya.

“Insya Allah saya akan datang ke sini lagi bukan sebagai pemain. Tetapi, saya ingin memajukan persepak bolaan di sini dengan memberikan bantuan, perhatian dan lain lainnya terkait sepak bola. Tidak hanya ke sini, saya juga akan datang ke kabupaten kabupaten lain untuk bersama sama membangun sepak bola,” pungkasnya. (**)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.