Mapolsek Cimalaka Dikunjungi Siswa TK

Mapolsek Cimalaka Dikunjungi Siswa TK

ISTIMEWA FOTO BERSAMA: Sejumlah siswa TK PGRI Puspamekar beserta gurunya, foto bersama Kapolsek Cimalaka, Kompol Herno Mardiyanto (kanan) serta anggota lainnya, kemarin.

PEWARTA: rilis

Previous Next

CIMALAKA – Mapolsek Cimalaka, mendapat kunjungan siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Puspa Mekar, Desa Cimekar Cimuja, Kecamatan Cimalaka, Kamis (29/9). Kegiatan tersebut, dalam rangka program Polisi Sahabat Anak.

Kapolsek Cimalaka, Kompol H Herno Mardiyanto, menyampaikan kepada seluruh siswa beserta lima orang guru pendamping tentang tugas pokok Kepolisian. Diantaranya, tugas utama dari kepolisian adalah memelihara keamanan di dalam negeri. Dengan ini nampak perbedaan dari tugas tentara yang terutama menjaga pertahanan negara yang pada hakikatnya menunjuk pada kemungkinan ada serangan dari luar negeri.

Sementara itu, dalam Undang-Undang Kepolisian Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 pasal 13, dijelaskan bahwasannya tugas pokok kepolisian, pertama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, kedua menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, kapolsek menyampaikan agar anak-anak diajarkan tentang tata tertib lalu lintas, sifat disiplin, kejujuran, tolong menolong dengan sesama, dan menghormati serta menghargai orang tua.

Hal ini dilakukan, untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap kepolisian, sehingga diharapkan dengan ditanamkannya sejak dini, para murid dapat lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan tata tertib berlalu lintas.

Tak hanya itu, dengan kegiatan diharapkan anak-anak tidak lagi takut kepada polisi. Sebab selama ini, mereka terkadang merasa takut ketika melihat polisi. Dengan memberikan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas sejak dini, maka para murid akan lebih mengetahui apa dan bagaimana tugas Kepolisian.

Program seperti ini, patut di tanamkan di setiap sekolah dan kelak akan menekan tingkat kenakalan remaja. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.