Masa Pandemi Terapkan Tujuh Metode

sumeks images

SMPN 1 Cimalaka Pantau Terus Para Siswanya

SUMEDANGEKSPRES.COM – Menjadi tantangan tersendiri bagi civitas akademik dalam menjalankan proses belajar mengajar melalui online. Salah satunya, dibutuhkan kemampuan dari guru dalam menyampaikan metode pembelajaran, terlebih melalui media digital.

Untuk itu, pada masa pendemi ini, SMPN 1 Cimalaka menerapkan tujuh metode sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Di antaranya, pembelajaran virtual, pembelajaran tematik berbasis project, modul dan buku paket, home visit, pembelajaran melalui televisi dan radio serta grup media sosial.

“Untuk pembelajaran tematik berbasis project, tugas yang diberikan kepada anak didik, berbeda tiap tingkatannya. Namun sama dalam tema. Yakni mengangkat kaulinan urang lembur,” ujar Kepala SMPN 1 Cimalaka Dra Enung Titin Agustikawati MM kepada Sumeks, kemarin.

Sedangkan home visit, kata dia, dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran yang diserap siswa begitu pula mengetahui kendala yang dialami siswa selama belajar dari rumah (BDR).

Sedangkan melalui media sosial, kata dia, dominan menggunakan grup WA. Namun, agar pembelajaran tidak tercampur, pihaknya membuat 13 grup untuk setiap siswanya. “Grup pertama bersama wali kelas, grup kedua bersama guru BP dan sebelas grup lainnya, bersama masing-masing guru mata pelajaran,” beber dia.

Selama belajar online ini, nantinya ada penugasan berkala dan terukur. “Tugas berkala, untuk mengetahui sajauh mana pemahaman materi dari guru. Sedangkan terukur, ada nilai ulangan harian, PTS, PAT yang akan dilakukan secara daring sesuai situasi kondisi anak dan guru,” jelas dia.

Diakui dia, memang ada kendala sebagian kecil siswa yang tidak memiliki perangkat smartphone. Jumlahnya ada tujuh orang, namun para orang tua mereka memilikinya.

“InsyaAllah, kami sekuat tenaga, pembelajaran semester ganjil tidak boleh tidak terlaksana. Pokoknya, dengan anak didik tidak boleh lost contacts. Karena orang tua siswa semuanya punya hape, jadi anak bisa ikut pinjam hape orangtuanya,” tegas dia. (ahm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.