oleh

Masyarakat Dituntut Lakukan Gerakan 3M

DARMARAJA – Guna mencegah serangan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Kepala Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Koswara, mewajibkan masyarakatnya untuk melakukan gerakan menutup, menguras dan Mengubur (3M).

Menurutnya, salahsatu cara yang mudah mencegah DBD dan membasmi jentik nyamuk aedes aegypti, dengan gerakan 3M yang merupakan suatu gerakan atau kampanye yang disosialisasikan pihak terkait. Hal itu bertujuan, untuk menekan jumlah populasi jentik-jentik nyamuk, sehingga bisa terhindar dari penyakit DBD.

“3M ini sudah gencar dilakukan masyarakat Ciduging. Dengan begitu diharapkan tidak ada korban DBD di wilayahnya,” kata Koswara, kemarin (5/2).

Selama ini, pihaknya sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menutup bagian yang terisi dengan air, seperti menutup tempat penampung air. Kemudian, menguras bak mandi atau tempat penampungan air lainnya dengan bersih dan rutin.

Hal ini, tentu bertujuan untuk mengurangi tempat bagi nyamuk bisa bereproduksi. Nyamuk penyebab DBD ini, menyukai tempat dengan genangan air jernih.

Dan cara ketiga, lanjut dia, dengan mengubur atau mendaur ulang barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai. Barang bekas yang sekiranya bisa memungkinkan nyamuk untuk berkembang biak baiknya dikubur di bawah tanah yang cukup dalam sehingga nyamuk tak mudah berkembang biak.

“Nyamuk aedes aegypti itu bisanya berkembang biak di genangan air bersih. Jadi masyarakat diusahakan untuk menghilangkan genangan air tersebut disekitar kita,” imbaunya.

Menurutnya, pencegahan DBD paling epektif itu hanya dengan kesadaran masyarakat dan kemauan untuk membuat gerakan menanamkan sistem 3M. Dengan begitu, bukan hanya mencegah adanya serangan DBD saja, tapi juga akan menyehatkan lingkungan.

“Dengan adanya gerakan seperti ini, lingkungan juga jadi lebih terlihat sehat,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed