Matangkan UMKM Berdaya Saing MEA

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Matangkan UMKM Berdaya Saing MEA

BERI BANTUAN: Usai menemui pelaku UMKM di Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan, Bupati Eka Setiawan didampingi Camat Pamulihan Hari Tri Santosa memberikan bantuan kepada warga Desa Citali

SUMEDANG – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan, mendapat perhatian penuh Bupati Sumedang Eka Setiawan. Bahkan dalam pertemuan dengan para pengelola UMKM, bupati menyampaikan harus dapat bersaing dengan produk asing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menurutnya, ada beberapa kuliner seperti Ubi Cilembu, Susu Murni, Singkong dan berbagai produk olahan lain, hingga kini tetap eksis serta masih dikonsumsi masyarakat.

“Kita tinggal dari segi kemasan saja, sebab beberapa makanan khas Sumedang sudah banyak dikenal di Indonesia, termasuk mancanegara,” kata Eka saat bertemu para UMKM di Desa Haurngombong, kemarin (6/11).

Kata bupati, banyak produk UMKM yang berasal dari Sumedang dan sudah beredar di Indonesia, namun perlu ditingkatkan kembali terutama dalam kemasannya. Dengan demikian, pemerintah Sumedang siap membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas.

“Beberapa UMKM yang ada di Sumedang sudah banyak dibantu memfasilitasi permodalanya melalui bank dengan bunga ringan,” ucapnya.

Untuk itu, sebaiknya para UMKM ini harus terus meningkatkan produktivitas serta kualitasnya agar bisa diterima di masyarakat luas. Hal ini, demi meningkatkan para pelaku UMKM dari usaha mikro menjadi usaha kecil, usaha kecil menjadi menengah dan menengah menjadi besar.

Eka memberikan pilihan kepada pelaku UMKM, ada juga program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 9 persen pertaun melalui Bank pemerintah maupun swasta. Seperti BRI, BNI, Mandiri dan BTPN.

Disamping itu, usai bertemu dengan para UMKM bupati langsung membuka kegiatan HUT PGRI dan melihat secara langsung bedah rumah tidak layak huni (rutilahu) yang ada Desa Citali Kecamatan Pamulihan. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js