**Melihat Kebersamaan Warga dan Prajurit pada TMMD di Dusun Jeungjing Ajarkan Anak-anak Mengaji Tanamkan Mental Spritual

TMMD ke 105 di Dusun Jeungjing Desa Padanaan Kecamatan Paseh sudah berlangsung beberapa hari. Meski baru sebentar, namun tampak keakraban antara warga dengan anggota Satgas TMMD ke 105 yang merupakan unsur TNI. Bagaimana keakrabannya. Berikut catatannya.

 

ATEP BIMO ARIO SUTEJO – Paseh,

 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 di Dusun Jeungjing Kecamatan Paseh tidak hanya membangun infrastruktur bagi warga semata, namun pada kegiatan itu pula nampak keakraban dan kebersamaan warga dengan unsur TNI, khususnya anggota Satgas TMMD ke 105.

Anggota Satgas TMMD ke 105 beserta warga Dusun Jeungjing Desa Padanaan Kecamatan Paseh terlihat sangat akrab. Tanpa ada rasa canggung diantara keduanya.

Sambil bekerja, sesekali mereka tampak bercanda. Terlihat diraut muka mereka sangat menikmati kebersamaan tersebut.

Seorang warga setempat Sahdi menuturkan, selama hidupnya belum pernah berbaur sama TNI. Selama ini dia cuma mendengar kalau anggota TNI galak, ternyata semuanya terbalik saat ia berbaur dengan TNI.

Sahdi menyampaikan rasa terimakasih kepada TNI yang sudah membantu pembangunan jalan antara Dusun Jeungjing hingga ke jalan nasional Cirebon Bandung.

”Dilaksanakannya program TMMD ini, alhamdulillah masyarakat bersama TNI bisa lebih berbaur dan saling mengenal. Kami haturkan terima kasih ke anggota TNI,” ujar Sahdi.

Sementara itu, seorang anggota Satgas TMMD ke 105 dari Satuan Yonif 312/KH Pratu Supono di sela kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik TMMD ke 105 sempat memberikan bimbingan mengaji kepada anak-anak di Dusun Jeungjing.

”Kegiatan mengaji ini menjadi salah satu sasaran untuk meningkatkan mental spiritual anak-anak disini,” ujar Pratu Supono usai mengajar mengaji kepada anak-anak di Mesjid Al Ikhlas, Sabtu (13/7)

Menurutnya, anak-anak merupakan calon pemimpin bangsa sekaligus sebagai penentu generasi emas Indonesia. Sehingga, harus dibekali dengan landasan pendidikan akhlak serta pendidikan spiritual yang kuat dalam menjawab berbagai tantangan bangsa ke depan.

”Kegiatan mengaji dilaksanakan agar anak-anak warga Kampung Jeungjing memiliki modal dan bekal ilmu agama yang sangat penting,” paparnya.

Selain mengajar mengaji kepada anak anak, Pratu Supono juga ikut larut melaksanakan kegiatan di Mesjid Al Ikhlas bersama – sama dengan tokoh agama.

Pratu Supono mengungkapkan, selain peningkatan infrastruktur dan wawasan kebangsaan sebagai sarana sasaran fisik dan non fisik, Satgas TMMD ke 105 Kodim 0610/Sumedang juga sangat peduli dengan mental spiritual warga. “Makanya, kami juga turut larut dalam kegiatan keagamaan disini,” tukasnya.

Keakraban anggota Satgas TMMD ke 105 dengan warga Dusun Jeungjing tidak hanya sampai disitu. Tampak pula suasana keakraban antara personel Satgas TMMD ke 105 dari Yon Armed 4/GS Pratu Rois PI bersama salah seorang bocah asli penduduk Dusun Jeungjing Rian, 6 tahun. Mereka berdua terlihat bercengkrama dan mengobrol dengan suasana penuh kekeluargaan.

Rian menuturkan dirinya kelak jika dewasa nanti ingin menjadi seorang prajurit agar bisa membangun desa seperti yang dikerjakan TNI saat ini di sekitar tempat tinggalnya.

“Abdi hoyong janten tentara, tiasa ngabangun desa, ngajar ngaji sareng gotong royong jeung rakyat (Saya ingin jadi tentara, yang bisa membangun desa, ngajar mengaji dan gotong royong bersama rakyat- red),” ujar Rian.

Sedangkan Pratu Rois PI megaku sangat bangga ditunjuk menjadi anggota Satgas TMMD ke 105 dari satuannya.

Bagi dirinya tugas ini merupakan suatu kehormatan dan kesempatan untuk membiasakan diri berbaur dengan masyarakat. Karena TNI dilahirkan dari rakyat dan akan kembali ke rakyat.

“Dengan dilaksanakannya TMMD ke 105 ini, Alhamdulillah disamping saya punya ilmu membangun, kelak ke depan bisa bermanfaat buat saya. Serta, bisa dipraktekan di keluarga dan lingkungan kehidupan saya,” tegasnya.

Selain kebersamaan antara warga dan TNI di kegiatan TMMD ke 105 di atas, masih banyak lagi keakraban lainnya. Hal itu menandakan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat. (**)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.