oleh

Mengenal Kiprah Yana Mulyan Gitaris Difabel yang Mendunia

Belajar Otodidak, Disukai Grup Band Metal

Tak banyak yang mengetahui kemampuan Yana Mulyan memainkan gitar. Selain memiliki cacat permanen, Yana juga terlihat umum seperto difabel lainnya. Namun siapa sangka kekurangannya itu, justru jadi anugrah bagi dirinya dikenal publik.

IMAN NURMAN, Tanjungsari

KEMAMPUAN Yana Mulyan gitaris difabel asal Tanjungsari Sumedang, membuat decak kagum siapapun yang melihatnya. Termasuk Cabup dan Cawabup Sumedang Doni Ahmad Munir dan Erwan Setiawan.

Tak hanya Doamu Esa yang dibuat decak kagum. Melainkan manager Persib H Umuh Muchtar, pun ikutan terharu. Yana, menunjukan kebolehannya di kediaman H Umuh Muchtar di Dusun Ciluluk Desa Margajaya Tanjungsari, kemarin (21/2).

“Tidak banyak orang seperti Yana ini, saya salut dan bengga dengan kemampuan Yana,” ujar Dony.
Menurutnya, walaupun memiliki keterbatasan, Yana berhasil membuktikan kepada semua orang. Di mana, kekurangan bukan hambatan untuk berkreasi dan mengembangkan bakat yang dimilikinya. Hal ini bisa dijadikan motivasi oleh generasi muda Sumedang.

“Saya kira Yana ini bisa dijadikan contoh dan motivasi untuk anak muda yang ada di Sumedang. Istilahnya Yana aja bisa kenapa anak muda yang lain gak bias,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Cawabup Erwan. Menurutnya, potensi yang dimiliki Yana bisa jadi aset bagi Pemda Sumedang. Sehingga pemda harus memfasilitasi dan membantu mengembangan potensi yang dimiliki Yana.

“Saya kira Yana merupakan aset berharga yang dimiliki oleh pemda. Kalau saja difasilitasi dengan baik bisa jadi ikon Sumedang,” terangnya.

Erwan berjanji, kedepan apabila dirinya terpilih menjadi pemimpin di Sumedang, akan memperhatikan potensi-potensi seperti yang dimiliki Yana.

“Saya kira banyak Yana–Yana yang lain di Sumedang. Saya berjanji akan memperhatikan dan memfasilitasinya,” tegasnya.
Sementara itu, Yana Mulyana yang ditemui usai unjuk kebolehan, mengaku bangga bisa menampilkan kebolehannya di hadapan Cabup dan Cawabup Sumedang itu.

”Saya bangga dan terharu bisa tampil di hadapan calon pemimpin Sumedang,” ujarnya.
Dirinya pun berharap, apabila Dony-Erwan terpilih bisa memperhatikan orang orang seperti dirinya. “Saya gak minta banyak kepada pa Dony dan Pa Erwan. Apabila nanti terpilih tololong perhatikan kami dan fasilitasi biar kami bisa berkembang agar bisa mengharumkan nama Sumedang, baik di kancah Nasional maupun Internasional,” harapnya.

Seperti diketahui, Yana Mulyana gitaris difabel berhasil memukau dan menginspirasi banyak orang. Permainan gitar pria kelahiran Tanjungsari, Sumedang ini, mumpuni meski memiliki keterbatasan fisik yang membuatnya mustahil memainkan gitar dengan baik. Namun hambatan fisik itu justru bisa diatasi oleh Yana.

Menggunakan jempol kirinya, dia memainkan not-not gitar tanpa salah. Sedangkan tangan kirinya mencabik dawai gitar. Kemampuan Yana memainkan gitar melampui orang normal. Dia belajar gitar secara otodidak sejak berusia 12 tahun.

Salah satu permainan gitar Yana yang menjadi viral adalah Brother milik dewa gitar Yngwie Malmsteen. Tak hanya musisi Tanah Air memberi apresiasi atas permainan Yana, tapi juga Yngwie. Tak lama setelah permainan gitar Yana diunggah ke YouTube lima tahun lalu, Yngwie memberi komentar dan mengapresiasi Yana lewat akun Facebook-nya.

Belum lama ini, situs musik metal Metal Injection juga membahas tentang Yana Mulyana. Situs itu memanjang foto dan video Yana saat sedang memainkan Brother. Di bawah foto itu, MetalInjection memberikan keterangan, “Physically Impared Guitarist Crushes YNGWIE MALMSTEEN’s “Brothers” With Just His Thumb. Wow. Check out the above footage of Mulyana ripping through Yngwie Malmsteen’s “Brothers” with literally just his thumb like it’s absolutely nothing and try not to let your jaw hit the floor too hard”.

Sebelumnya, Guitar World juga membahas aksi Yana. Guitar World juga menampilkan foto, video, dan artikel pendek dengan judul “Guitarist Yana Mulyana Plays Yngwie Malmsteen’s ‘Brothers’“. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed