Menkeu Tutup World Islamic Economic Forum

Peliput/Editor: doc

Menkeu Tutup World Islamic Economic Forum

KONFERS: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Chairman WIEF Foundation Tun Musa Hitam saat konferensi pers penutupan World Islamic Economic Forum (WIEF) Ke-12 di Jakarta, Kamis (4/8). (KEMENKEU-WIEF FOR SUMEDANG EKSPRES)

WORLD Islamic Economic Forum ke-12 resmi ditutup hari ini oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani dan Ketua WIEF Foundation Tun Musa Hitam. Forum yang berlangsung selama tiga hari dan mengusung tema “Desentralisasi Ekonomi, Memberdayakan Bisnis Masa Depan” ini dihadiri oleh lebih dari 4.000 peserta termasuk kepala negara, tokoh-tokoh penting dari berbagai negara dan perusahaan multinasional, pemuda dan perempuan pengusaha, pembuat kebijakan, akademisi dan perwakilan dari komunitas bisnis, masyarakat sipil dan industri kreatif.

Forum WIEF ke-12 diikuti oleh lebih dari 4.200 peserta dari 73 negara, dengan 63 persen berasal Indonesia, 24 persen dari Malaysia dan 13 persen lainnya dari berbagai negara dari seluruh penjuru dunia. Lima kepala negara yang hadir adalah: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Malaysia Dato ‘Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak, Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Republik Guinea Alpha Conde, dan Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Shriyan Wickremenshinghe; sementara 10 menteri yang mewakili kepala negara masing-masing adalah: Menteri Ekonomi dan Perdagangan – Qatar, Menteri Perindustrian dan Pertambangan – Republik Rakyat Aljazair, Menteri Perencanaan – Bangladesh, Menteri Hubungan Internasional dan Kerjasama – Afrika Selatan , Menteri Negara untuk Industri, Perdagangan dan Investasi – Republik federal Nigeria, Menteri Perdagangan – Pakistan, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata – Malaysia, Menteri Kerjasama Internasional – Republik Guinea, Menteri Anggaran – Republik Guinea, dan Ketua The General Authority untuk Suaez Canal Zona Ekonomi – Republik Arab Mesir.

Forum juga berhasil melibatkan 52 pembicara pada 23 sesi diskusi panel dan masterclass, 22 pembicara pada complementary program serta 20 presenter pada Business Exchange. Pameran juga berhasil menampilkan 42 exhibitor dari 13 negara, 9 stand negara, serta 2 paviliun negara. Selain itu, sekitar 250 pewarta dari media internasional dan nasional ikut membantu memberitakan tentang pencapaian serta rencana-rencana Forum di masa yang akan datang. Forum WIEF ke-12 juga berhasil membukukan total nilai investasi sebesar US$900 million serta penandatanganan 10 Nota Kesepahaman.
Selengkapnya, kami kirimkan berita pers termasuk pidato dari Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani dan Ketua WIEF Foundation Tun Musa Hitam dan berita foto sebagai referensi penulisan rekan media. Kami percaya bahwa informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya media Anda.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.