Meski Ayi Nyaleg, Ansor Tetap Netral

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS / RELEAS

Meski Ayi Nyaleg, Ansor Tetap Netral

Ayi Subhan Hafas Ketua GP Ansor Sumedang (IST).(ASEP NURDIN/SUMEKS / RELEAS)

KOTA – Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas, turut meramaikan bursa pencalonan legislatif Kabupaten Sumedang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kendati demikian, secara organisasi dirinya bersikap netral baik pada Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang.

“Ini telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang menyebutkan bahwa GP Ansor tidak terlibat dalam politik praktis,” ujar Ayi saat diwawancara Sumeks, kemarin (11/7).

Kata dia, GP Ansor Sumedang telah mencatat beberapa kader Ansor yang saat ini menjadi calon anggota legislatif (caleg).
“Semua itu tersebar di sejumlah partai politik. Sehingga sangat sulit dan tidak dimungkinkan untuk mendukung salah satu kader,” terangnya.

Ayi menegaskan, pernyataan ini disampaikan sebagai antisipasi bilamana ada oknum tertentu yang mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari GP Ansor Kabupaten Sumedang, untuk duduk di kursi legislatif.

“Kalau pun hari ini ada kader-kader Ansor yang menjadi caleg dari berbagai parpol, ini hanya individu kader sebagai bentuk khidmat untuk berikhtiar dalam rangka memberikan kemaslahatan dan manfaat bagi umat dan masyarakat,” tuturnya.

“Sekali saya nyatakan, GP Ansor Kabupaten Sumedang netral dalam Pemilu 2019,” katanya sambil mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara pada 2019.

Sebab kata Ayi, dengan menggunakan suara berarti ikut menyukseskan pemilu yang dananya sangat besar dan diambil dari uang rakyat.

“Masyarakat harus proaktif untuk melihat dirinya, apakah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) guna memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum dengan mendatangi KPPS-nya masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, Ayi juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak terpancing dengan adanya money politik (politik uang) yang dilakukan pada detik-detik pelaksanaan pemungutan suara atau yang lebih dikenal dengan serangan fajar.

“Mari gunakan hati kita untuk memilih siapa yang tepat dan pas menjadi wakil kita di lembaga legislatif lima tahun yang akan datang,” tukasnya. (nur/rls)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js