MTs Cibogo Belum Direlokasi

Peliput/Editor: toha/iman nurman

MTs Cibogo Belum Direlokasi

ilustrasi

KOTA- Kementrian Agama Kabupaten Sumedang, (Kemenag) yang membawahi MTs Cibogo Jatigede menyebutkan belum mengetahui proses relokasi seokola MTs Cibogo pasca tergenangnya oleh Waduk Jatigede.

Meskipun belum tergenangi, namun sejumlah guru dan siswa sudah mulai was-was. Sebab, tempat berdirinya bangunan sekolah merupakan wilayah genangan.

Pelaksana seksi pendidikan Madrasah, Erik Tahrik, mengatakan, sampai sejauh ini Kemenag belum mengetahui akan dimana MTs Cibogo akan direlokasi.

“Kami (red. Kemenag) tidak bisa memberikan bantuan berupa relokasi sekolah yang sudah pasti akan tergenangi, karena pihak kemenag Kabupaten tidak mempunyai anggaran,”ujarnya, saat ditemui Sumeks di ruangan humas, kemarin.

Kendati demikian, pihak sekolah seharusnya mengajukan ke pemerintah, baik Kabupaten, maupun provinsi, kemenag, hanya bisa memberikan rekomendasi.

“Untuk anggaran RKB dan rehab adanya di tingkat provinsi,” ujarnya.

Sekolah yang berbasis keagamaan tersebut, lanjut dia, merupakan sekolah swasta dibawah naungan yayasan, yang sampai saat ini masih melakukan proses pembelajaran meski dalam acaman.

“Pembelajaran masih berjalan, namun dari jumlah siswa yang mencapai ratusan kini sudah hanya 64 siswa yang masih bertahan. Mungkin karena mereka khawatir karena belum jelas relokasinya,” ujarnya.

Sebelumnya, kata ia, sekitar tahun 1994, sekolah mendaptkan bantuan konpensasi dari pihak waduk, untuk relokasi sekolah. “Bantuan tersebut berupa uang sebesar Rp300 juta, namun ketika kemenag meninjau langsung ke lokasi, dan berdialog dengan kepal sekolah dan pimpinan yayasan, mereka belum mempunyai tempat kepindahan sekolah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menghadapi persoalan seperti ini, kata ia, pihak kemenag aktiv terjun kelapangan, bahkan yang ditemukan dilapangan para guru pun bingung mencari tempat tinggal dimana. (cr9)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js