Musim Hujan, Warga Harap Siaga

Musim Hujan, Warga Harap Siaga

GENANGI JALAN: Banjir menggenangi jalan Raya Bandung-Garut tepatnya di Warungcina Desa Mangunarga, kemarin.

PEWARTA: IMAN NURMAN/SUMEKS

CIMANGGUNG – Memasuki musim penghujan berbagai ancaman bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang atau puting beliung kerap melanda sejumlah daerah di Tanah Air.

Untuk itu masyarakat diminta waspada dan bisa mendeteksi dini. Sebab, musim hujan saat ini, matahari bersinar terik di siang hari dalam sekejap cuaca bisa berubah tiba-tiba diguyur hujan deras.

Dikatakan Camat Cimanggung, Herry Harjadinata salah satu ancaman musim penghujan tahun ini adalah banjir lumpur dan longsor. Ini sering terjadi di wilayah Cimanggung karena ada satu pembangunan sehingga terjadi erosi karena tidak ada pohon keras yang menahan terjadinya erosi dan banjir lumpur.

“Masyarakat harus tetap siaga langkah yang harus diambil dengan melakukan penghijauan menanam pohon keras agar bisa menahan erosi ketika ada hujan besar.

Katanya, di sejumlah daerah rawan, seperti kawasan lereng gunung dan desa-desa yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) harus lebih waspada. Sebab potensi banjir dan tanah longsor akan meningkat di musim hujan.

Makin buruknya daya dukung lingkungan, lanjut Herry yang berakibat tidak optimalnya resapan air, kondisinya menjadi rawan longsor saat hujan deras turun dalam rentang waktu lama.

Daerah-daerah berada di sekitar lereng gunung diantaranya Desa Sindulang, Tegalmanggung, Pasir Nanjung tetap harus waspada begitupun desa yang rawan banjir.

Untuk antisipasinya, desa itu harus selalu waspada bila hujan turun. Bila ada tanda-tanda gerakan tanah, segera tinggalkan rumah untuk mencari lokasi yang lebih aman. Selain itu, bila kondisinya semakin parah segera laporkan ke petugas Tagana atau aparat pemerintahan setempat.

Selain itu kata Herry, pemerintahan desa setempat harus tetap berkoordiasi dengan kecamatan jika terjadi musibah sekecil apapun. “Menginformasikan kepada kecamatan kejadian sekecil apapun jika ada terjadi sesuatu hal di wilayah desa masing-masing,” ucapnya.

Sekecil apapun informasi itu, tetap akan di tindaklajuti secepatnya terutama jika terjadi musibah yang menimpa warga. “Warga tetap tenang dan waspada kedepankan menjaga keamanan lingkunganya masing-masing,” tuturnya. (kos)

IMAN NURMAN/SUMEKS
GENANGI JALAN: Banjir menggenangi jalan Raya Bandung-Garut tepatnya di Warungcina Desa Mangunarga, kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.