Nelayan Perlu Pembekalan

Nelayan Perlu Pembekalan

AKTIVITAS: Salah satu aktivitas di Waduk Jatigede yang dilakukan warga setempat diperlukan adanya pembekalan.(DOK.Heri purnama/sumeks)

PEWARTA: Heri purnama

WADO – Pemerintah Desa Cisurat, Kecamatan Wado, minta ada tindakan dari pihak yang memahami kondisi perairan untuk melakukan pelatihan.

Dimana sampai saat ini, sudah beberapa kasus korban tenggelam di hamparan Waduk Jatigede, membuat pemerintah desa hawatirkan dengan kondisi keselamatan warganya yang beraktivitas di waduk tersebut.

Kepala Desa Cisurat, Asep Widiana menyebutkan, sebagian besar yang biasa beraktivitas di waduk itu, adalah anak-anak muda. Biasanya, mereka beraktivitas hanya mengandalkan keberanian saja.

“Memang di sini yang aktivitas di waduk seperti yang menyewakan rakit dan menjaring ikan itu anak-anak muda. Mereka belum punya wawasan yang luas mengenai bagaimana mengantisipasi terjadinya kecelakaan air,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Untuk itu, dia berharap adanya tindakan dari pihak terkait untuk melakukan pelatihan bagaimana cara yang aman beraktivitas di waduk.

Adapun saat terjadi kecelakaan di air, warga juga perlu diberikan pemahan apa yang harus dilakukan, dan bagaimana cara mengevakuasinya.

“Seharusnya ada pelatihan atau himabauan rutin untuk para nelayan dari pihak terkait, agar mereka beraktivitas di waduk dengan ilmu pengetahuannya,” harap kades.

Dalam hal ini, warga akan memahami cara beraktivitas di hamparan waduk, dengan nyaman dan aman. Selain itu, mereka dapat beraktivitas dengan pembekalan ilmu pengetahuannya.

“Sebagian besar nelayan yang beraktivitas di waduk ini, tidak bisa berenang. Apalagi di air yang tenang seperti ini, berenang itu tidak mudah,” ucapnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.