oleh

Ngarumat Jagat Ampih Pare, Kenalkan Budaya Sunda

SITURAJA – Kenalkan budaya tradisional Sunda melalui acara ngarumat jagat di Desa Situraja. Ngarumat jagat Desa Situraja biasa dilakukan setahun sekali di bulan September. Pagelaran tahunan ini pun tak lepas dari kegiatan-kegiatan yang menonjolkan budaya-budaya Sunda buhun, mulai dari kegiatan seni Sunda sampai suasananya pun suasana adat Sunda.

Kepala Desa Situraja, Undang, menegaskan kegiatan setiap tahunnya akan bertajukan suasana sunda yang masih kental mulai dari penampilan orang-orangnya dan semua pelengkap seperti saung dan panggungnya pun terbuat dari bambu tanpa menggunakan benda yang berbau kapitalis seperti paku atau sejenisnya.

“Disini terlihat ada beberapa saung dan panggung, dan itu di buat dari bambu semua, sampai talinyapun menggunakan bambu, tapi karena yang membuatnya orang-orang yang sudah lihay menggunakan bambu saung tersebut jadi kokoh sebagaimana layaknya memakai paku,” ucapnya.

Pada dasarnya, kegiatan ngarumat jagat yang bertemakan “nyawen” atau mitembeyan ngala pare (panen)ini untuk mengingatkan masyarakat kepada budaya sunda, seiring berjalannya waktu yang semakin moderen ini ditakutkan akan menghilangkan budaya kita sendiri, dan justru mengagulkan budaya orang lain.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang akan meneruskan dan mempertahankan budaya-budaya warisan para karuhun kita,” kata dia.

Ia pun mengaku bangga dengan diperankannya kesenian-kesenian Sunda oleh anak-anak muda sebagai generasi penerus.

“Kita kenalkan budaya ini, untuk generasi-generasi muda, agar mereka bisa mencintai seni tradisional,” ucapnya.

Di tempat sama, Budayawan Sumedang, Niko Asmara Sukarso, yang juga sebagai Pangrisa Adat dalam gelaran tersebut menyebutkan Prosesi Ngarumat Jagat Situraja diawali dengan prosesi nyawen dan ampih pare. Kemudian dilanjutkan dengan murak timbel dan hiburan. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed