Nilai Jual Rendah, Produktifitas Menurun

Nilai Jual Rendah, Produktifitas Menurun

MENJEMUR: Sejumlah pekerja tengah menjemur bahan aci singkong, beberapa waktu lalu. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

CIBUGEL – Nilai jual singkong yang rendah, membuat minat masyarakat untuk menanamnya pun menjadi loyo. Kondisi harga pasaran singkong, saat ini sudah kurang menguntungkan para petani.

Hal itu juga, menjadi salah satu faktor menurunnya produktifitas singkong di Kecamatan Cibugel. Padahal sebelumnya, Cibugel dikenal sebagai sentral singkong, bahkan bisa memberikan penghasilan yang cukup bagi para petani.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Sumedang Dadang Romansah menyebutkan, beberapa persen produktifitas singkong di Kecamatan Cibugel memang ada penurunan. Hasil pantauannya, selain nilai jual singkong menurun, kualitas singkong di wilayah tersebut juga kurang begitu bagus.

“Jenis singkong yang ditanam rata-rata singkong aci, namun kualitas aci yang dihasilkan singkong tersebut masih kalah jauh oleh singkong dari wilayah luar, salah satunya wilayah Sukabumi,” katanya belum lama ini.

Dalam hal ini, pihaknya meyakinkan bahwa di wilayah lain yang ada di Sumedang, produktifitas singkong mengalami penurunan. Oleh sebab itu, perlu adanya dorongan dari pemerintah untuk mencari solusi agar ada peningkatan nilai jual pada hasil bumi jenis singkong tersebut.

“Masalah ini memang harus dicari solusinya, kalaupun harga jualnya tidak bisa ditingkatkan karena masalah kualitasnya, maka harus ada solusi lainnya,” tuturnya.

Dikatakan Dadang, seperti di wilayah Cibugel meski dikenal sebagai sentral singkong, kalau memang itu tidak bisa memberikan keuntungan terhadap para petani, maka harus ada pengalihan fungsi lahan pertanian. Namun hal itu, harus melalui tahapan kajian dari pihak terkait agar pengalihan fungsi itu bisa mencapai target.

“Kalau memang sudah tidak bisa diandalkan lagi, maka harus segera ada alih fungsi pemanfaatan lahan pertanian milik masayarakat,” tukasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.