Ode Nyangkut di Cimanuk

Peliput/Editor: IST

Ode Nyangkut di Cimanuk

EVAKUASI KORBAN: Anggota Polsek Tomo bersama warga melakukan evakuasi korban yang diduga hanyut di Sungai Cimanuk.

Diduga Terseret Derasnya Sungai

SUMEDANG – Seorang mayat laki-laki tanpa busana, ditemukan mengambang di Sungai Cimanuk Blok Alun-alun Desa/Kecamatan Tomo. Jasad korban ditemukan pada Jumat (10/11) sekitar pukul 19.00.

Kepala Desa Tomo Sahlan Romansah mengatakan, mayat pertama kali ditemukan Warto, 38, warga yang tengah memancing. Jasad itu, tersangkut di tiang pancang penahan arus Sungai Cimanuk.

“Warga berlarian ke pemukiman karena kaget dan takut. Kemudian warga melaporkan adanya penemuan mayat itu ke Polsek Tomo,” ujar Sahlan saat dihubungi, Sabtu (11/11).

Setelah mendapatkan laporan, anggota Polsek Tomo bersama warga mengevakuasi korban dari Sungai Cimanuk. “Evakuasi berlangsung lama dan baru selesai pukul 22.00,” tandasnya.

Diduga, korban hanyut saat mandi di sungai. Sebab, korban ditemukan tidak memakai busana sehelai pun. Korban hanyut ini pun, diperkirakan warga yang berasal dari hilir Bendungan Jatigede, atau hanyut dari Sungai Cipeles di daerah Sumedang.

“Kalau hanyut dari sungai di Garut kemungkinan akan ditemukan terlebih dahulu di Bendungan Jatigede. Tetapi kalau dari Sungai Cipeles sangat masuk akal, karena Sungai Cipeles aliran airnya sangat besar selama musim hujan,” terangnya.

Terpisah, Kapolsek Tomo Kompol Doto B Janglar SH menyebutkan, korban hanyut ditemukan di Dusun Benteng Desa/Kecamatan Tomo. Korban dievakuasi anggota Polsek Tomo, kepala Desa Tomo berserta perangkat desa.

“Warga mulai mengevakuasi jam 20.00 sampai jam 23 .00. Lamanya proses evakuasi dikarenakan medan yang curam dan tempatnya gelap serta air Sungai Cimanuk yang sangat deras,” terangnya.

Doto mengatakan, proses evakuasi selesai pihaknya membawa korban ke RSUD Sumedang. Diperkirakan, korban sudah hanyut di sungai sekitar dua hari. Sebab, tubuhnya sudah mengalami bengkak-bengkak.

Setelah berada di RSUD Sumedang, kata Doto, diketahui identitas korban bernama Ode, 78, warga Dusun Andir RT 05/RW 08 Rancamulya Sumedang Utara.

“Dia dicari keluarganya sejak Rabu (8/11) malam. Korban Ode diduga hanyut di Sungai Cipeles dekat rumahnya hingga terbawa arus sampai Sungai Cimanuk,” jelasnya.

Pihak keluarga korban, telah mengambil jasadnya dari RSUD Sumedang dan menyadari kejadian yang menimpa Ode sebagai sebuah musibah.

“Pihak keluarga telah membawa korban hanyut dari RSUD Sumedang. Mereka menyadari kejadian ini sebagai musibah,” jelasnya. (atp)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.