OKP Brigez Sumedang Kompak Bersih-bersih Usai Sosialisasi Paslon

Peliput/Editor: ASEP HERDIANA/SUMEKS

BERSIHKAN SAMPAH: Anggota OKP Brigez Sumedang melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di jalan protokol mulai Alun-alun Sumedang. (ASEP HERDIANA/SUMEKS)

Konvoi Beres, Sampah Juga Jadi Bersih

OKP Brigez Sumedang kian eksis saja. Dalam aksi sosialnya kali ini, dilakukan dengan cara bersih-bersih jalan protokol mulai Alun-alun Sumedang. Di mana saat itu, lokasi yang dibersihkan usai digelar acara tahapan Pilkada Sumedang. Berikut liputannya.

ASEP HERDIANA, Kota

SUMBANGSIH. Begitu lah ungkapan OKP Brigez Sumedang untuk Pilkada Sumedang 2018. Puluhan Anggota OKP Brigez Sumedang ini, melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di jalan protokol mulai Alun-alun Sumedang.

Itu, dilakukannya usai acara Sosialisasi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, yang diselenggarakan KPU di Alun-alun Sumedang pada Sabtu (17/2) lalu.

Menurut Koordinator Kegiatan Asep Komara, 35, kegiatan memang dilakukan sebagai Sumbangsih OKP Brigez dalam Pilkada Sumedang. Mengingat kegiatan dilakukan usai acara Konvoi Kampanye Damai Pilkada 2018 yang diikuti juga ribuan pendukung calon.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 60 anggota yang berasal dari tiap kecamatan di Sumedang. Kita minimal harus ada sumbangsih. Minimal tenaga kita, sehingga pas kegiatan konvoi beres, sampah juga bersih,” ujar Asep yang akrab disapa Mister.

Dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung ini, Brigez juga berkolaborasi dengan tim URC sampah dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang.

“Sementara, ini dulu yang bisa kami lakukan untuk Sumedang dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tuturnya.

Dia melanjutkan, lewat kegiatan ini OKP Brigez ingin memberikan pandangan bahwa anak muda, tidak melulu soal Gaul yang mengarah ke negatif. Tetapi menurutnya, bisa diarahkan kepada hal positif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami berharap teman-teman komunitas lainnya pun melakukan hal-hal yang bermanfaat. Baik bagi komunitasnya, mau pun orang lain. Sehingga paradigma yang negatif bisa perlahan terkikis,” kata Mister.

Hal serupa dikatakan pula Ketua OKP Brigez Dera Ardiansyah. Dia menyebutkan, aksi bersih sampah yang diikuti ini, sebagai imbawan juga kepada masyarakat, untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lokasi sekitar. Sehingga, masyarakat pun bisa tertib dalam menjaga kebersihan.

“Karena semuanya perlu kesadaran yang mendalam dari masyarakat terhadap lingkungan,” tuturnya.

Sementara itu, pihak Badan Lingkungan Hidup melalui Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Ayuh Hidayat mengapresiasi kegiatan OKP Brigez yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

“Ini patut dijadikan contoh. Kalau semua komunitas pemuda seperti ini, Insya Allah Sumedang bersih. Karena bagaimana pun harus ada timbul kesadaran dari masyarakat,” tuturnya. (**)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.