oleh

Okupansi Hotel di Sumedang Down, Karyawan Dirumahkan dan Tetap Dibayar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Wabah penyakit Virus Korona atau Covid – 19 asal Kota Wuhan, China, turut menghantam perekonomian Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Sumedang.

Akibat masif nya penyebaran Virus yang telah menewaskan sekitar 49 jiwa warga indonesia ini, sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kabupaten Sumedang turut menerima imbas.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang H Nana Mulyana menyebutkan, jika sebagian hotel di Kabupaten Sumedang sudah tutup.

“Sudah tutup, kalaupun yang buka Okupansinya dibawah 10%,” ujarnya.

Tak hanya itu, sejumlah karyawan pun akhirnya harus pasrah karena dirumahkan untuk sementara waktu.

“Tapi kami tetap bayar mereka, walaupun tidak semuanya. Ini sudah menjadi resiko bisnis,” terangnya.

Adapun sejumlah permasalahan lainnya yang harus diselesaikan oleh para pengusaha diantaranya pembayaran BPJS, Pajak, Listrik, Cicilan ke Bank dan lain sebagainya.

“Ini permasalahan yang harus kami hadapi. Tentu saja kami berharap kejadian ini segera berlalu,” paparnya.

Sementara itu, dibalik kejadian tersebut, Nana juga mengaku masih bersyukur dikarenakan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani akhirnya membebaskan pajak.

“Kami juga senang karena pemerintah daerah menyambut positif usulan PHRI dan dunia usaha agar segera memfasilitasi terkait kewenangan diluar Pemda seperti PLN, BPJS juga PPH 21, 23, 25 karena itu domainnya pusat,” tuturnya. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.