oleh

P2WKSS Dongkrak Taraf Hidup Warga

KOTA – Kasie Pemberdayaan Perempuan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang Anne Windiani mengatakan agar wanita ibu-ibu rumah tangga yang menjadi binaan program P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera) bisa lebih kreatif setelah mendapatkan pembinaan.

Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Sumedang Selatan, di tahun 2017 ini menjadi desa yang mendapatkan program P2WKSS. Ada sekitar 100 kepala keluarga (KK) yang akan mendapatkan pembinaan selama kurang lebih 1 tahun. “Dalam kegiatan P2WKSS ini semua program kegiatan, baik itu kesehatan, pembangunan fisik maupun ekonomi masuk ke dalam pembinaan,” katanya kepada Sumedang Ekspres, Selasa (8/8).

Namun demikian, lanjut Anne, yang khusus digarap DSPPA saat ini berkaitan dengan pemberdayaan perempuannya, dalam hal ini ibu rumah tangga. Dalam pembinaan terhadap ibu rumah tangga, pihaknya terlebih dahulu melihat potensi wilayah yang mungkin dikembangkan di daerah Desa Mekar Rahayu.

“Kebetulan produksi andalan warga Desa Mekar Rahayu adalah ketela pohon. Sehingga dalam pembinaan terhadap kaum wanitanya lebih bagaimana mengolah ketela pohon tersebut agar bisa memiliki nilai ekonomis,” ujar Anne.

Selain mengolah ketela pohon, pembinaan juga dilakukan untuk kegiatan tata boga. Pembinaan sendiri, lanjut Anne, saat ini masih terus dilakukan hingga keberhasilan akan terlihat tatkala pembinaan telah selesai dilaksanakan. Oleh karena itu, melalui pembinaan P2WKSS ini diharapkan taraf hidup masyarakat akan lebih meningkat.

“Intinya dalam kegiatan ini kita menginginkan adanya peningkatan taraf hidup, sementara wanita yang sebelumnya tak memiliki kegiatan, kini menjadi memiliki kegiatan sehingga secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga,” sebutnya.

Sementara itu, Anne juga menjelaskan, program P2WKSS yang digelar setahun sekali tersebut memiliki sasaran desa-desa yang penduduk miskinnya relatif banyak. Untuk Kabupaten Sumedang sendiri, sejak program ini digulirkan telah ada sekitar 13 desa yang mendapat pembinaan program P2WKSS. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed