oleh

Padepokan Rumingkang Gelar Kenaikan Tingkat

JATINANGOR – Sebanyak 38 peserta pencak silat dari Padepokan Rumingkang Jatinangor mengikuti kenaikan tingkat yang dilaksanakan di Graha Institut Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor, belum lama ini.

Ketua Padepokan Pencak Silat Rumingkang Jatinangor yang juga Anggota DPRD Sumedang, Dudi Supardi mengatakan, kegiatan kenaikan tingkat di Padepokan Rumingkang kerap dilaksanakan setiap tahunnya yang diikuti oleh tingkat pemula dan dasar.

“Kenaikan pangkat diawali pertunjukan aksi pencak silat yang dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu (25/1/2020) sampai Minggu (26/1). Ini sebagai salahsatu ajang latihan bagi peserta untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai event pertandingan,” katanya.

Lanjut Dudi, kegiatan ini pun sebagai ajang mengasah diri agar terbentuk atlet pencak silat yang profesional, juga menghasilkan bibit bibit baru atlet pencak silat Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Pelatih Padepokan Pencak Silat Rumingkang Jatinangor, Qoyum Ibnu Qoyum menjelaskan, kenaikkan tingkat di Padepokan Rumingkang Jatinangor terus dilaksanakan setiap tahunnya dan merupakan agenda rutinan apabila naik tingkat dari satu, ke dua hingga ke tingkat enam.

“Setelah melewati tingkat enam, selanjutnya ke tingkat mahir satu, dua dan seterusnya,” katanya.

Menurut Qoyum, terdapat beberapa macam penilaian dalam prosesi kenaikkan tingkat l seni beladiri pencak silat itu seperti, penilaian wiraga (kekuatan), wirasa (gerak) dan wirahma (irama musik).

“Dewan juri pun menilai gerakan dengan benar, ketepatan waktu serta kekuatannya,” terangnya.

Sebagai pelatih di Padepokan Rumingkang, terang Qoyum, dirinya mengapresiasi positif mengingat, banyak muridnya yang kerap mengikuti kejuaraan tingkat regional bahkan nasional.

“Kami berharap, melalui momentum kenaikkan tingkat ini dapat melahirkan atlet pencak silat yang dibanggakan daerah dan menjunjung tinggi nama baik padepokan rumingkang Jatinangor,” pungkasnya. (imn)

IMAN NURMAN /SUMEKS
KENAIKAN TINGKAT: Rumingkang Pencak Silat Jatinangor saat mengekar ujian kenaikan tingkat di Gor Graha ITB Jatinangor, belum lama ini.

Baca Juga  234 SC Sumedang Bagikan Masker yang Kini Langka dan Harganya Meroket

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed