Pamulihan Gelar Lomba MTQ

Pamulihan Gelar Lomba MTQ

NGAJI: Seorang peserta sedang mengaji untuk persiapan lomba MTQ di tingkat Kabupaten Sumedang.

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Jaring Peserta ke Tingkat Kabupaten

PAMULIHAN – Sebanyak 24 peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dari 11 desa se-Kecamatan Pamulihan, mengikuti lomba di Masjid Agung Pamulihan Lingkungan Kantor KUA Pamulihan Jalan Raya Simpang, Kamis (16/11).

Acara dibuka langsung Sekretaris Kecamatan Pamulihan Mamat Hadisaputra, yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kecamatan Pamulihan. Dia menuturkan, kegiatan sebagai persiapan untuk menyiapkan qori dan qoriah untuk jadi perwakilan lomba selanjutnya di tingkat Kabupaten Sumedang.

“Kita berharap MTQ kecamatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” ujar Mamat.

Menurutnya, perlombaan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. “Semoga MTQ yang dilaksanakan dapat menghasilkan qori dan qoriah yang terbaik mewakili Kecamatan Pamulihan,” harapnya.

Menurutnya, MTQ merupakan kegiatan perlombaan di bidang keagamaan Islam yang mempertandingkan beragam kategori lomba tentang kitab suci Alquran, pengetahuan Agama Islam dan ibadah.

Sedangkan MTQ bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kandungan Alquan yang dilaksanakan melalui seni membaca Alquran. Selain itu mencari qori dan qoriah yang potensial.

“Nantinya para qori maupun qoriah mendapat pembinaan. Selanjutnya mereka yang terbaik di tingkat kecamatan akan menjadi perwakilan di tingkat kabupaten,” tambahnya.

Kegiatan ini pun merupakan agenda tahunan. Sedangkan yang dilombakan di antaranya tilawah terdiri dari kartil Quran, tilawah anak, remaja dan dewasa. Mhaki 1 Juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz dan MFQ Musabaqoh Fahmi Quran. (kos).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.