Pancaroba Ancam Hewan Ternak

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Pancaroba Ancam Hewan Ternak

BERI PAKAN: Seorang warga memberi pakan ternak di Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, kemarin (5/11).

SUMEDANG – Menghadapi cuaca ekstream, para peternak hewan harus lebih teliti memelihara hewannya. Sebab, perubahan musim ini banyak hewan yang terserang penyakit. Oleh sebab itu, peternak harus cerdas memelihara ternaknya dan memberikan pakan yang benar-benar steril kepada ternaknya untuk mencegah terserangnya penyakit.

Untuk mencegahnya, para peternak harus hati-hati memberikan pakan, jangan sembarangan,” kata Kepala UPT Peternakan dan Perikanan Wilayah Jatinunggal Ir Leti Nuryanti, saat di wawancarai melalui ponsel.

Dia mengimbau, untuk tidak memberikan hewan ternak dengan pakan rumput muda karena hal itu bisa mengakibatkan sakit perut dan mencret-mencret pada hewan.

Selain itu para peternak juga tidak dianjurkan mengambil rumput dari sawah pada pagi hari. Idealnya biarkan rumput itu terkena cahaya matahari terlebih dahulu, karena biasanya pagi hari rumput masih di hinggapi oleh cacing.

Kita perlu memakai aturan untuk memberikan pakan pada ternak,” katanya lagi.

Dikatakan,saat ini di beberapa wilayah sudah ada kasus hewan yang mati mendadak dan mati karena sakit. Hal itu bisa dipengaruhi oleh cuaca dan pemberian pakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh ternak.

Di wilayah lain memang sudah dikabarkan ada kasus hewan yang mati mendadak, tapi untungnya di wilayah binaan kami tidak ada kasus seperti itu,” kata dia.

Dia menjelaskan, adapun warga yang melapor adanya hewan ternak yang sempat sakit namun bisa diatasi. Untuk ternak yang mengalami kembung pada perut pihaknya selalu menyarankan untuk memberikan pertolongan pertama oleh obat alami seperti air kelapa muda yang dicampur oleh gula merah.

Biasanya kalau disini, petugas yang mendapat laporan ada hewan yang sakit, peternaknya diberikan saran untuk diberikan pertolongan pertama dengan obat alami,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js