oleh

Pandemi Bedampak Juga Pada Keamanan

Binmas Polda Jabar Ajak Giatkan Siskamling

SUMEDANGEKSPRES.COM – Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Yudhi Faizal. H. S.H., M.H., meminta warga desa, menggiatkan lagi Siskamling di masing-masing kampung. Menurutnya, siskamling merupakan salahsatu bentuk upaya masyarakat daerah dalam menjaga keamanan.

“Dalam kondisi saat ini, keamanan lingkungan sangat dibutuhkan. Dimana adanya pandemi Covid-19 berdampak secara langsung terhadap keamanan,” ujar Yudhi saat menghadiri pencanangan Kampung Tohaga Lodaya di Dusun Kawungluwuk Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, belum lama ini.

Persoalan keamanan, kata dia, tak selalu menjadi tanggungjawab pihak kepolisian, tapi juga menjadi tanggungjawab masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus bekerjasama dengan kepolisian, dalam mewujudkan keamanan di desa masing-masing. Salahsatunya dengan memberdayakan kembali siskamling.

Yudhi menambahkan, Kampung Tohaga Lodaya akan menjadi pilot projek dalam mewujudkan tatanan keamanan di daerah. Dalam konsep Kampung Tohaga, kata dia, masyarakat diajak bisa mandiri baik dalam ketahanan pangan, ketahanan usaha yang semuanya akan berdampak ketahanan keamanan.

“Terbentuknya kampung tangguh tak lepas dari merebaknya virus korona, dimana berimbas pada semua hal termasuk keamanan. Kampung tangguh akan menjadi solusi atas kondisi ini. Diantaranya tangguh keamanan sangat penting , karena keamanan sangat terganggu dengan kondisi (pandemi) ini,” tuturnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.