oleh

Panen Musim Kedua Memuaskan

SUMEDANGEKSPRES.COM,WADO – Sejumlah petani di wilayah Jatinunggal, Wado dan Darmaraja, kini sudah mulai melaksanakan panen padi musim tanam kedua.

Menurut salah seorang petani asal Desa Cikareo Selatan, Kecamatan Wado, Dadan Rahmat, hasil panen padi kali ini sangat memuaskan.

“Dari minggu lalu hingga minggu depan masanya panen padi di wilayah kami. Panen sekarang sangat bagus karena kualitas padi juga bagus,” kata Dadan, Senin, (3/8).

Dia menyebutkan, kualitas padi terjaga karena selama musim tanam pasokan air ke pesawahan cukup. Selain itu pada musim panen kedua ini tidak ada hama yang menyerang dikarena suhu yang mulai panas. “Alhamdulillah hama juga tidak ada, jadi hasil panen bisa lumayan,” ucapnya.

Menurut petani lainnya, Ohim Sukmana, asal Desa Cisurat, Kecamatan Wado, mengatakan, hasil panen musim tanam kedua lebih baik dari hasil panen musim tanam pertama (Januari-Maret). “Diliat dari jumlah hasil padinya banyakan hasil panen kedua,” tuturnya.

Ohim menerangkan, dari kisaran luasan 100 tumbak, petani mendapat hasil panen sekitar 8 kuintal, padahal biasanya hanya 6-7 kuintal.

Namun, sejumlah petani mengungkapkan, untuk selanjutnya, mereka akan memilih menanam palawija karena kondisi cuaca akan memasuki musim kemarau. “Daripada nanti tidak ada air, kita mungkin tanam palawija saja,” katanya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.