Panwaskab Imbau Bacaleg Pahami Aturan

SUMEDANG – Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaskab Sumedang Ade Sunarya mengatakan, pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota meliputi 16 tahapan.

Di antaranya, pengumuman pengajuan daftar calon 1-3 Juli, kedua pengajuan daftar calon 4-17 Juli, ketiga verifikasi administrasi daftar calon 5-18 Juli, keempat penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon kepada parpol 19-21 Juli serta kelima perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti 22-31 Juli.

Selanjutnya, kata dia, keenam verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon 1-7 Agustus. Ketujuh, penyusunan dan penetapan DCS 8-12 Agustus, kedelapan pengumuman DCS anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan persentase keterwakilan perempuan 12-14 Agustus, kesembilan masukan dan tanggapan masyarakat 12-21 Agustus. Dan, kesepuluh permintaan klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS.

“Lalu, kesebelas penyampaian klarifikasi dari parpol kepada KPU 29-31 Agustus, keduabelas pemberitahuan pengganti DCS 1-3 September dan ketiga belas pengajuan penggantian balon 4-10 September. Sementara, keempat belas verifikasi pengganti DCS 11-13 September, kelima belas penyusunan dan penetapan DCT 14-20 September. Terakhir, pengumuman DCT 21-23 September,” ujar Ade saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Ade menuturkan, sekarang ini tengah memasuki tahapan pendaftaran pengajuan daftar calon dari 4 hingga 17 Juli. Dalam melakukan pengawasan pendaftaran pengajuan daftar calon, Panwaskab harus memperhatikan pertama kesiapan KPU dalam melaksanakan penerimaan pendaftaran pengajuan daftar calon setiap harinya di kantor KPU terkait kesiapan tempat, jumlah personil akses SILON dan help desk.

Kedua, memperhatikan kemudahan penggunaan akses SILON yang dilakukan oleh peserta sebagai syarat sebelum pengajuan daftar calon kepada KPU. Ketiga, Panwaskab mengecek kelengkapan syarat pengajuan daftar calon yang diserahkan parpol serta kesesuaian dengan data syarat daftar calon dengan SILON dan keempat menghitung durasi waktu yang digunakan oleh KPU dalam proses penerimaan pengajuan daftar calon oleh partai politik.

Kemudian, kelima Panwaskab mengawasi parpol pada saat pengajuan daftar calon yang tidak mendapat tanda terima oleh KPU. Keenam, memperhatikan pemberian tanda terima kepada partai politik yang syarat pengajuannya masih belum memenuhi syarat.

“Dan, ketujuh Panwaskab juga mencatat pertanyaan dan keluhan dari partai politik terhadap proses pendaftaran pengajuan daftar calon. Serta, kedelapan melakukan penilaian kepuasan parpol dan balon terhadap kinerja KPU dalam proses pendaftaran pengajuan daftar calon,” paparnya

Ade menjelaskan, terkait Peraturan KPU No 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada bagian ketiga yang mengatakan persyaratan bakal calon pasal 7 point (h) bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual dan terhadap anak, atau korupsi saat ini belum dapat diimplementasikan. “Hal itu dikarenakan belum ada putusan dari Mahkamah Agung (MA), apakah poin itu tetap ataukah dihapus/dihilangkan,” jelasnya.

Ade mengimbau, bacaleg memahami Keputusan KPU RI No 876/PL.01.4-Kpt/06/KPU/VII/2018 tentang pedoman teknis pengajuan dan verifikasi calon anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Bacaleg juga harus memahami regulasi kepemiluan yaitu: 1) UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, 2) Peraturan KPU No 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota 3) Keputusan KPU RI No 876/PL.01.4-Kpt/06 /KPU/VII/2018 tentang pedoman teknis pengajuan dan verifikasi calon anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Perbawaslu dan regulasi lainnya. “Bacaleg harus menghindari praktik pemberian atau penerimaan money politic (mahar politik) baik berupa uang atau materi lainnya,” tutupnya. (atp)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.