Parkir Liar, Truk Kena Tilang

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/JABAR EKSPRES

Parkir Liar, Truk Kena Tilang

GANGGU PENGENDARA: Beberapa truk kontainer diparkir sembarangan oleh pengendara di Jalan Nasional Bandung-Garut, kemarin (5/11).

SUMEDANG – Tak hanya pengendara nakal dan tak memiliki SIM, sasaran operasi zebra yang saat ini sedang berlangsung untuk wilayah Polsek Cimanggung Polres Sumedang adalah kendaraan yang diparkir sembarangan.

“Para pelanggar itu tidak ditelorir lagi dan langsung diberikan surat tilang. Kendaraan besar yang biasa parkir di depan pabrik, juga sama diberikan surat tilang karena menggangu kendaraan yang melintas,” terang Kanit Lantas Polsek Cimanggung IPTU Z.U Mamonto kepada Jabar Ekspres, kemarin (5/11).

Mereka, kata Mamonto, kebanyakan selain melawan arus juga mengendarai kendaraan tanpa helm. Pelanggaran tersebut bisa dikatakan pelanggaran berat kerena bisa mencelakakan orang lain serta dirinya sendiri.

Selain kendaraan besar kita fokuskan kepada para pelanggar yang melawan arus terutama kendaraan roda dua, itu pelanggaran yang harus ditindak tegas tanpa perlu imbauan,” ucapnya.

Petugas juga memberikan tindakan bagi kendaraan yang menggunakan rotator atau sirene, dan yang spesifikasi tidak sesuai tampilan fisik, juga akan ditindak. Operasi itu mengedepankan pencegahan dan edukasi keselamatan bagi pengguna jalan.

Dia menambahkan, mayoritas pengendara kena tilang lantaran berupaya melawan arus di sekitar pabrik PT Kewalram dan Kawasan Industri Jarum Super. “Di sini memang macetnya luar biasa kalau jam berangkat dan pulang kerja. Banyak yang lawan arus,” tuturnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js