Parpol Bisa Ganti Bacalegnya

Parpol Bisa Ganti Bacalegnya

PAPARKAN: Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa saat memaparkan aturan Pileg 2019, belum lama ini.(DOK SUMEKS) (ATEP BIMO AS/SUMEKS)

PEWARTA: ATEP BIMO AS/SUMEKS

Jika Tak Memenuhi Syarat

KOTA – Selama Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakulan verifikasi berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Sumedang, parpol masih bisa mengganti bacalegnya. Dengan alasan, bakal calon yang akan diganti tidak memenuhi syarat (TMS).

Hal itu disampaikan Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa saat berbincang dengan awak media, belum lama ini.
“Seperti Bacaleg meninggal dunia, berhalangan tetap atau mengundurkan diri,” jelasnya.

Hersa menambahkan, kalau syarat calon kurang, tapi tidak diperbaiki sampai batas akhir perbaikan 31 Juli 2018, maka jadi tidak memenuhi syarat. “Dan Partai bisa mengganti dengan calon yang lain tetapi tidak mengubah nomor urut,” tambahnya.

Ketika ditanya apakah partai harus menyiapkan calon pengganti, Hersa menjelaskan parpol bisa menyiapkan calon pengganti, terutama jika yang TMS nya itu Bacaleg perempuan. Itupun jika mengurangi keterwakilan perempuan 30 persen, tapi jika tidak, tidak apa dibiarkan saja.

“Sebab, jika Parpol pada dapil tertentu jumlah keterwakilan perempuannya kurang dari 30 persen, sesuai dengan aturan akan dicoret untuk dapil tersebut,” tandasnya.

Saat ini, kata Hersa, KPU Kabupaten Sumedang masih terus melakukan proses verifikasi berkas pendaftaran Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Sumedang. Setelah proses verifikasi selanjutnya pihaknya akan menyampaikan kekurangan syarat calon kepada partai politik mulai 19-21 Juli 2018.

“Kekurangan-kekurangan berkas bacaleg setiap parpol itu harus segera diperbaiki dan dilengkapi,” ujarnya. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.