Partai Lama Akan di Verfak Kembali

Partai Lama Akan di Verfak Kembali

RAKOR: Seluruh Komisioner KPUD Sumedang tengah melakukan rapat koordinasi dengan para perwakilan partai politik. (SOBAR/SUMEKS)

PEWARTA: SOBAR BAHTIAR/SUMEKS

KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah partai politik yang ada di Sumedang.

Rapat tersebut dilakukan untuk membahas verifikasi faktual yang akan dilaksanakan KPU terhadap partai politik. Pasalnya, untuk Pileg 2019 nanti ada peraturan yang berubah.

“Iya kami rapat dengan partai politik untuk kesiapan verifikasi partai politik atas putusan MK tentang verifikasi parpol peserta pemilu legislatif 2014,” kata ketua KPUD Sumedang Hersa Santosa kepada Sumeks, Rabu (24/1).

Dengan putusan tersebut, KPU pusat menginformasikan untuk Pileg 2019 yang akan datang seluruh partai lama akan diverifikasi ulang.

“Yang 2014 sudah lolos harus diverifikasi lagi. Keputusan MK menggugurkan pasal 173 ayat 3 UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu,” jelasnya.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh 11 partai politik yang ada di Kabupaten Sumedang. Diantaranya PDIP, Golkar, PKS, Gerindra, PPP, Demokrat, PAN, PKB, PBB, Hanura dan Partai Nasdem.

“Yang diundang memang ada 11 parpol,” sebut Hersa.

Sejumlah informasi pun disampaikan KPU kepada partai politik. Salah satunya adalah penyelenggaraan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Januari – 1 Februari 2018.

“Yang kami sampaikan tentang tatacara verifikasi parpol secara faktual dan Pencuplikan sample keanggotaan parpol yang akan di verifikasi faktual,” tandasnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.