Partisipasi Pemilih Ditargetkan Naik

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Partisipasi Pemilih Ditargetkan Naik

HADIRI KEGIATAN: Bupati Sumedang Eka Setiawan saat menghadiri kegiatan Bimbingan Kelembagaan dan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung, belum lama ini.

Hingga 90 Hingga 100 Persen

CIMANGGUNG – Asisten Pemerintahan Kabupaten Sumedang yang juga Wakil Ketua Desk Pilkada, Endah Kusyaman menargetkan partisipasi masyarakat terhadap Pilkada serentak 2018 meningkat menjadi 90 hingga 100 % dari pilkada sebelumnya.

Menurutnya, partisipasi pemilih di 26 Kecamatan se-Kabupaten Sumedang pada Pemilu 2014 mencapai rata-rata 70 persen. Termasuk, di Kecamatan Cimanggung.

“Tingkat partisipasi pemilih seyogyanya meningkat di Kabupaten Sumedang. Pada Pilkada 2018 mendatang diharapkan bisa lebih meningkat lagi,” tandas Endah kepada Sumeks beberapa waktu lalu.

Dalam upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih, kata Endah, saat ini terus dilakukan sosialisasi pada seluruh Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Sumedang. Seperti, yang dilakukan saat ini pada kegiatan Bimbingan Kelembagaan dan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung ini.

“Targetnya 90 persen pemilih warga Sumedang dapat menyalurkan aspirasinya di Pilkada nanti karena sebelumnya hanya 70 saja,” tandas Endah.

Dalam kegiatan ini, pihaknya menyampaikan terkait dengan pengelolaan kelembagaan. Selain itu, masyarakat juga dihimbau harus tetap menjaga kondusifitas jelang Pilkada nanti.

Endah menjelaskan, salah satu bagian terpenting dari sebuah proses Pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat. Pertimbangan rasional, dengan menjadi pemilih cerdas perlu terus-menerus disosialisasikan. Sehingga, nantinya diharapkan dapat terpilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi.

“Nah, kita berharap dengan berbagai sosialisasi terus menerus kepada masyarakat, hingga tahapan pilgub Jabar dan Pilbup Sumedang 2018 diharapkan partisipasi masyarakat meningkat,” tutupnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.